Tradisi Dudus Dijalani Warga Karundang Kota Serang, Setiap Rabu Terakhir Bulan Safar, Begini Ritualnya

Rabu, 6 Oktober 2021 17:50 WIB

Share
Warga Karundang, Cipocok Jaya, Kota Serang mengikuti tradisi ritual Dudus pada Rabu terakhir Bulan Safar. (foto: Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Warga RT 02/02 Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang masih mempertahankan tradisi leluhur.

Salah satu tradisi yang masih mereka lestarikan sampai saat ini adalah tradisi Ritual Dudus yang dilakukan setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar.

Tradisi dudus sendiri merupakan tradisi mandi kembang tujuh rupa yang dilakukan beramai-ramai di pagi hari.

Masita (55) saat ditemui seusai melaksanakan dudus mengatakan, tradisi ini sudah dijalankan oleh masyarakat sejak turun temurun dari leluhur.

“Tradisi dudus diawali dengan sholat talak bala yang dilakukan secara berjamaah di musholah. Setelah itu dilanjut dengan riungan. Setiap warga membawa besek masing-masing yang dipimpin oleh ustadz Baedowi,” jelasnya, Rabu (6/10/2021).

Pada saat riungan itu, tujuh rupa bunga yang dibeli dari pasar seperti pandan, melati, bunga ros, cempaka, kamboja, haribang dan lainnya ditabur di kolam tempat wudhu yang ada di mushola itu.

 

 

Warga Karundang, Cipocok Jaya, Kota Serang mengikuti tradisi ritual Dudus pada Rabu terakhir Bulan Safar. (foto: Luthfi)

Sedangkan masing-masing warga selain membawa besek, juga membawa peralatan mandi.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler