Plt Sekda Ungkap Sejumlah Kemajuan Pembangunan Provinsi Banten

Rabu, 6 Oktober 2021 19:39 WIB

Share
Plt Sekda Banten Muhtarom (kedua dari kanan). (Ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Pandemi di masa kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dan Andika Hazrumy, cukup berdampak terhadap target capaian pembangunan yang direncanakan. 

Meski demikian, dalam perjalanannya pembangunan di Banten tetap berjalan sekalipun banyak anggaran yang direfocusing untuk penanggulangan Pandemi Covid-19 sejak satu tahun setengah yang lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Banten Muhtarom mengungkapkan banyaknya kemajuan pembangunan di Provinsi Banten dalam lima tahun terakhir.

Hal tersebut diungkapkan Muhtarom dalam talkshow di sebuah channel televisi platform digital bertajuk tema Refleksi 21 Tahun Provinsi Banten, Bangkit dari Pandemi Wujudkan Masyarakat Sejahtera, Selasa (5/10/2021) kemarin. 

Menurut Mukhtarom, berbagai kemajuan yang dialami Provinsi Banten pada periode kepemimpinan WH dan Andika dapat terlihat dari capaian visi misi yang merupakan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kita tahu ada 5 misi seperti tata kelola, peningkatan akses layanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi. Sebagai contoh misalnya di tata kelola yang sudah mengalami banyak kemajuan khusus misalnya terkait keuangan,” katanya.

Mukhtarom merasa bersyukur dalam lima tahun berturut-turut memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Ini opini tertinggi yang diberikan atas pengelolaan keuangan daerah, ini adalah salah satu sisi kemajuan dari tata kelola.

“Kemudian dari aspek infrastruktur bisa kita lihat dari target 762 Km, posisi jalan mantap itu hanya bersisa tinggal 14 Km. Harusnya memang selesai di 2020, namun karena ada refocusing menjadi tertunda, tapi insyaallah terselesaikan,” ucapnya.

Belum lagi, lanjutnya, pembangunan Sport Center, revitalisasi Banten Lama dan lain sebagainya. Artinya capaian-capaian yang tertuang di dalam target RPJMD Insya Allah bisa kita wujudkan meskipun mungkin nanti ada hal yang masih tersisa.

Kemajuan pembangunan lainnya ialah terdapat pada aspek kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Hal tersebut terlihat dengan dibangunnya rumah sakit delapan lantai, pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) dan pendidikan gratis terhadap sekolah negeri, serta angka statistik dari pertumbuhan ekonomi yang selalu berada di atas nasional dalam 5 tahun terakhir.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler