Sukses Vaksinasi Merdeka Tahap II, Kapolda Metro Jaya Hadirkan Platform Digital Karya Anak Bangsa

Selasa, 5 Oktober 2021 08:15 WIB

Share
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran bersama jajaran saat meninjau lokasi vaksinasi aglomerasi di wilayah Depok. (ist)

Sedangkan efisiensi biaya penyelenggaraan ini dapat terjadi karena metode Vaksinasi Merdeka mensyaratkan 9 pilar di antaranya pelaksanaan yang terdesentralisasi di lebih dari 900 titik. Kedua, dilaksanakan selama minimal 10 hari pelaksanaan, tanpa henti, bahkan ada yang dilaksanakan di malam hari.

"Gerai dibangun berbasis wilayah komunitas penduduk seperti perumahan serta didirikan secara sederhana, seperti di rumah warga,” tambah Devie Rahmawati yang juga menjadi kordinator relawan Vaksinasi Merdeka.

Yayasan Sinergi Vaksinasi Merdeka (SVM) hadir membantu pengelolaan Vaksinasi Merdeka yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya dalam hal memastikan pelaksanaan Vaksinasi Merdeka berjalan sesuai dengan metode yang disusun. 

Pada tahap kedua ini, dengan unsur kerelawanan, di mana   relawan nakes maupun non nakes yang bertugas di gerai, diberikan insentif sama yaitu sebesar Rp. 100 ribu per hari per relawan. 

Dibandingkan pelaksanaan vaksinasi lain, yang minimal petugasnya diberikan honor Rp. 500 ribu hingga Rp. 1,5 Juta per petugas,” imbuh Mila Viendyasari, pengurus Yayasan Sinergi Vaksinasi Merdeka.

“Selain itu, Vaksinasi Merdeka juga mengandalkan kedermawanan dari berbagai mitra yang memberikan bantuan materi dan perlengkapan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di setiap gerai seperti APD, nurse cap, tensi meter, modem, laptop serta peralatan prokes. Tidak hanya itu, mitra gojek juga memberikan insentif gratis perjalanan bagi para relawan seratus persen, pulang dan pergi selama pelaksanaan vaksinasi merdeka tahap I dan II. Pelaksanaan kali ini melibatkan lebih dari 25 mitra,” ucap Mila Viendyasari yang juga Pengajar di Vokasi UI. 
(Angga/PKL02

 

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler