Pemkab Pandeglang Siapkan Langkah Strategis Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS

Selasa, 5 Oktober 2021 20:02 WIB

Share
Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS di Hotel S'Rizki, Pandeglang Selasa (5/10/2021). (Yusuf)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Pemerintah Kabupaten Pandeglang saat ini tengah menyiapkan langkah-langkah strategis dalam upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengungkapkan bahwa Pemkab Pandeglang memberikan perhatian besar terhadap kasus HIV/AIDS.

Perhatian ini mengingat cukup tingginya angka penderita HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang.

Demikian ditegaskan saat pelaksanaan Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS di Hotel S'Rizki, Selasa (5/10/2021).

“Dalam kurun waktu tiga terhitung sejak tahun 2019 sampai 2021 jumlah temuan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang mencapai 315 kasus," kata Dewi.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, penyakit HIV/AIDS ini diibaratkan seperti gunung es, sebab jumlah yang tidak terdeteksinya lebih banyak dibandingkan dengan yang terdeteksinya. 

“Karena memang mereka yang terjangkit HIV/AIDS menganggap penyakit ini merupakan penyakit masyarakat yang disebabkan oleh perilaku-perilaku yang menyimpang, “kata Dewi.

Menurut Dewi, untuk upaya pencegahan dan penanganan HIV/AIDS diperlukan keterlibatan semua pihak mulai dari hulu ke hilir, karena tidak mungkin Dinas Kesehatan dalam penanggulangan HIV/AIDS ini bekerja sendirian.


“Butuh dukungan dan bantuan dari semua elemen, karena penyakit ini bukan penyakit biasa tapi karena perilaku penderita itu sendiri yang menyimpang,"terang Dewi.

Ia menambahkan, banyak penyebab penderita terjangkit HIV/AIDS diantaranya karena perilaku yang menyimpang seperti gonta ganti pasangan, seks bebas, memakai jarum suntik bekas atau bergantian dan lain sebagainya.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler