Minimalisir Konflik Horisontal, Bupati Lebak Ingatkan Calon Kades Jangan Bawa-bawa Pendukung dari Luar Wilayah  

Selasa, 5 Oktober 2021 13:53 WIB

Share
Personil Polres Lebak melakukan pengamanan di Kecamatan Rangkasbitung. (Yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Setelah sebelumnya melarang adanya kampanye secara iring-iringan alias konvoi, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya juga mewanti wanti para calon kepala desa (Cakades) yang akan berpartisipasi dalam perhelatan pesta demokrasi rakyat pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 266 desa yang akan digelar pada 24 Oktober 2021 nanti.

Bupati dengan tegas melarang para cakades untuk membawa pendukungnya yang berasal dari luar wilayah saat pemungutan suara nanti. Ia juga meminta agar para camat memastikan pelaksanaan pemungutan suara dapa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yakni pada pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB.

"Untuk meminimalisir terjadinya konflik horisontal atau kericuhan saat pemungutan nanti maka para Cakades dilarang keras untuk membawa para pendukung yang berasal dari luar wilayah," kata Iti kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Bupati Lebak dua periode itu juga meminta agar para camat dan panita pelaksanaan Pilkades untuk memastikan pelaksanaan Pilkades dengan penerapan protokol kesehatan (Porkes) yang ketat guna menghindari potensi penyebaran atau klaster baru covid-19.

"Pada saat pelaksanaan pilkades serentak perlu adanya pengetatan prokes, jangan sampai penanganan pandemi yang sudah kita lakukan bersama menjadi sia-sia karena mengabaikan protokol kesehatan," tegas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra mengatakan, bahwa Polres bersama TNI dan instansi terkait lainnya siap mendukung dan membantu pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Lebak.

Menurutnya, sebanyak 596 anggota akan dikerahkan untuk petugas pengamanan (PAM) TPS dalam pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkades itu.

"Dalam rangka pengamanan Pilkades serentak, Polres Lebak beserta jajaran diback up TNI dan instansi serta mitra kamtibmas lainnya siap membantu pemerintah daerah menyelenggarakan Pilkades Serentak yang aman dan tertib serta patuh prokes," ungkap Kapolres.

(Yusuf Permana)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler