Pinjaman SMI Tahap II Batal, Pemprov Banten Tetap Terus Melakukan Pembangunan

Senin, 4 Oktober 2021 20:45 WIB

Share
Foto bersama pimpinan daerah beserta pimpinan DPRD Banten seusai rapat istimewa HUT ke-21 Banten. (Foto Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Pinjaman Pemprov Banten dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) tahap dua batal.

Pinjaman sebesar Rp 4,1 triliun tersebut dibatalkan.

Pembatalan itu dilakukan oleh Pemprov Banten, karena dalam proses perjalanannya ternyata ada beberapa regulasi yang diubah.

Salah satunya yakni terkait penetapan bunga yang dilakukan oleh PT SMI sebesar 6 persen.

Pinjam PEN tahap dua itu sendiri sudah amsuk dalam postur anggaran APBD 2021 Pemprov Banten, yang dialokasikan untuk berbagai proyek pembangunan dalam rangka mencapai RPJMD 2017-2022.

Namun tanpa pinjaman PEN itu, dalam perjalananya Pemprov Banten masih tetap bisa melakukan berbagai pembangunan.

Seperti pembangunan sport, RSUD Banten, Jembatan Bogeg, Jembatan Ciberang, penataan kawasan Banten Lama dan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Banten yang sampai saat ini masih berjalan.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan, program strategis Provinsi Banten berupa pembangunan sport center masih bisa berjalan dengan progres sampai September mencapai lebih dari 74 persen. 

Demikian juga pembangunan RSUD Banten 8 lantai dengan 215 ruang rawat inap, 10 ruang ICU, ruang laboratorium, dan rehabilitasi medik yang ditargetkan dapat dimanfaatkan pada akhir tahun 2021, sehingga bisa menjadikan RSUD Banten sebagai rumah sakit pendidikan dan rujukan regional. 

“Selain itu, pembangunan ini juga sebagai antisipasi menghadapi terjadinya Pandemi yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler