Nah! Pengeluaran BUMD Banten Ini Paling Besar Buat Gaji dan Tunjangan

Senin, 4 Oktober 2021 22:27 WIB

Share
Pengamat hukum tata negara yang sekaligus Ketua Pusat Kajian Konstitusi Perundang-undangan dan Pemerintahan (PKK) Untirta Serang, Lia Riestadewi (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID--  Pengeluaran Perseroda atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten, PT Agro Banten Mandiri (ABM) paling banyak untuk belanja gaji dan tunjangan atau remunerasi jajaran direksi dan komisaris.

Total untuk belanja gaji dan tunjangan selama kurun waktu sekitar tiga bulan itu mencapai Rp397.974.000.

Dengan rincian gaji dan tunjangan Direktur sebesar Rp263.545.500.

Sedangkan gaji dan tunjangan Komisaris sebesar Rp134.428.500.

Melihat hal itu Pengamat hukum tata negara yang sekaligus Ketua Pusat Kajian Konstitusi Perundang-undangan dan Pemerintahan (PKK) Untirta Serang, Lia Riestadewi mengaku tidak kaget lantaran hal itu sudah menjadi rahasia umum terjadi di hampir setiap BUMD.

“Memang BUMD itu kerap dijadikan lahan bancakan oleh orang-orang yang dinilai dekat dengan kekuasaan,” ujarnya saat dihubungi, Senin (4/10/2021).

Meskipun, lanjutnya, secara perencanaan program yang akan dilakukan oleh jajaran pengurus BUMD itu pasti sudah terkonsep dengan begitu bagus dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD).

“Namun ya lagi-lagi begitu. Terlebih pendekatan yang dilakukannya lebih kepada pendekatan politik dalam rangka pengakomodiran,” ujarnya.

Lia juga menyayangkan kinerja direksi BUMD yang belum maksimal tapi mereka sudah mendapat tunjangan atau remunerasi.

Padahal remunerasi itu hakikatnya bisa diberikan mankala sudah ada keuntungan atau bisa juga ketika capaian-capaian programnya sudah maksimal.

Halaman
1 2 3
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler