13 Proyek Strategis Nasional Ada di Banten, Nilai Investasi Capai Rp 652 Triliun

Senin, 4 Oktober 2021 21:20 WIB

Share
Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan, tingginya laju pertumbuhan ekonomi tersebut menjadi sinyal bahwa perekonomian Banten mulai berangsur bangkit (foto Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Sebagai wilayah penyangga Ibukota serta daerah sedang berkembang, Provinsi Banten mendapat support ‘subsidi’ pembangunan dari pemerintah pusat.

Dukungan pembangunan tersebut melalui Proyek Strategis Nasioanl (PSN).

Berkat kerjasama semua pihak, ada 13 PSN yang dilakukan di Provinsi Banten dengan nilai investasi mencapai Rp 652,35 triliun.

PSN itu dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (PP) no 56 tahun 2018.

“Ada waduk Sindang Heula, Waduk Karian, tol Cengkareng-Kunciran dan Serpong-Pamulang, tol Serang-Panimbang dan lain sebagainya,” kata Gubernur Banten Wahidin halim (WH), Senin (4/10/2021).

Diakui WH, berkat kerjasama semua pihak, waduk sindangheula telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 4 Maret 2021 lalu.

“Mudah-mudahan selesainya Waduk Sindangheula bisa segera disusul dengan tuntasnya pembangunan waduk Karian,” harapnya.

Jika kedua waduk itu selesai dilakukan pembangunanya, bisa menjadi bagian dari solusi pengairan dan air minum guna memenuhi kebutuhan masyarakat, pertanian  dan  industri.

“Termasuk untuk suplay air baku wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya,” imbuhnya.

Untuk pembangunan jalan tol Serang-Panimbang, menurut WH, hal itu sebagai salah satu solusi konektivitas antara utara dan selatan Banten yang diharapkan bisa tuntas pembangunannya pada tahun 2023, dan secara bertahap pada tahun 2021 dapat dioperasikan seksi 1 Serang-Rangkasbitung. 

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler