Harga Jatuh, Petani Ogah Cocok Tanam, Produksi Cangkeh di Kabupaten Serang Menurun

Minggu, 3 Oktober 2021 15:51 WIB

Share
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Zaldi Dhuhana. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang, Zaldi Dhuhana menyebut produksi cengkeh saat ini menurun. Hal itu dikarenakan banyak tanaman cengkeh yang sudah tua.

Zaldi mengatakan, agar produksinya kembali meningkat lagi, tanaman cengkeh yang ada saat ini perlu segera diganti oleh tanaman yang baru. 

"Produksi cengkeh kita sekarang sudah sangat turun. Bahkan di bawah target produksi kita. Jadi kalau mau produksinya dinaikan lagi, tanaman cengkeh yang ada harus diganti," ujarnya, Minggu (3/10/2021). 

Zaldi mengungkapkan, tanaman cengkeh di wilayah Kabupaten Serang saat ini paling banyak tersebar di wilayah Gunungsari, Padarincang, Ciomas, Pabuaran, Cinangka dan Anyer. 

Adapun untuk harga jualnya, kata Zaldi penjualannya mirip seperti harga jual beras kurang begitu bagus. Sehingga para petani tidak terlalu bersemangat untuk bertani cengkeh. 

Namun diakui Zaldi, pertanian cengkeh di Kabupaten Serang tidak terfokus satu hamparan seperti di wilayah Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan. 

"Kalau di kita kan masih campur campur kebun cengkehnya. Enggak ada yang nanam cengkeh tersendiri," imbuhnya.

(Rahmat Haryono)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler