Begini Modus Pejabat Dinsos Lebak Tilep Dana Bansos Ratusan Juta Korban Bencana 

Minggu, 3 Oktober 2021 08:18 WIB

Share
Kantor Dinas Sosial Kabupaten Lebak yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Desa Narimbang Mulia, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.(Foto: Yusuf Permana)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID- Inspektorat Lebak kini tengah melakukan pendalaman terhadap perkara dugaan kasus penggelapan dana senilai Rp 341 juta oleh ET, oknum pejabat Dinsos Lebak.

Uang ratusan juta itu sendiri diketahui merupakan uang bantuan yang digelontorkan oleh Pemkab Lebak yang bersumber dari APBD 2021 kepada para korban bencana kebakaran di Kecamatan, Cigemlong, Kabupaten Lebak.

Usut punya usut, uang itu digunakan oleh ET yang menjabat sebagai Kabid Limjamsos Dinsos Lebak untuk keperluan pribadinya.

Adapun modusnya, Inspektur Inspektorat Kabupaten Lebak, Halson Nainggolan, mengungkapkan, bahwa oknum ET telah melakukan manipulasi saat memberikan Bansos, seakan-akan Bansos sudah diserahkan.

Padahal, uangnya sendiri ia transferkan ke rekening pribadinya.

"Jadi saat memberikan bantuanbantuan, ET mengambil Foto dan video sendiri secara simbolis terus dia melaporkan kepada pimpinannya. Seakan-akan sudah diserahkan, padahal yang lainya belum mendapatkan," katanya saat dihubungi, Minggu (3/10/2021).

Bansos yang disalahgunakan oleh ET, meliputi beberapa kecamatan di antaranya Kecamatan Cigemblong, Cibeber dan Cikulur yang dicairkannya pada tahun 2021.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak, Eka Darmana Putra, mengatakan bahwa dana yang disalahgunakan merupakan dana bansos bagi kkrban bencana di Kabupaten Lebak.

"Jadi hak untuk korban bencana alam. Korban bencana kebakaran, longsor dan sebagainya. Yang nilainya kurang lebih sekitar 341 juta berdasarkan investigasi di lapangan," kata Eka.

Eka juga menambahkan bahwa gelagat ET dari awal sudah diketahui. Karena tidak semua masyarakat korban bencana menerima bantuan.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler