Aksi Demo G30STWK Sebut Pemecatan Novel Baswedan Cs Upaya Gembosi KPK Usut Kasus Besar 

Kamis, 30 September 2021 21:14 WIB

Share
Aksi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah mahasiswa di simpang Rawamangun, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (30/9/2021). (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Aksi unjuk rasa dilakukan sejumlah mahasiswa di simpang Rawamangun, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (30/9/2021). 

Mereka menyampaikan protes terkait hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang membuat 57 pegawai dipecat lantaran dinyatakan tak lolos. 

Dalam aksi yang dilakukan dengan penjagaan Polres Metro Jakarta Timur itu, mahasiswa mempertanyakan pelaksanaan TWK di masa kepemimpinan Ketua KPK, Firli Bahuri. 

"G30STWK dan KPK Telah Mati" itulah isi spanduk yang dibawa para mahasiswa dalam unjuk rasa yang berlokasi di bawah kolong tol Wiyoto Wiyono. 

"Hidup KPK. Bukan soal puluhan pegawai KPK yang dipecat tapi kasus-kasus di belakangnya kawan-kawan," kata seorang orator melalui pengeras suara di Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (30/9/2021) 

Menurut mereka pelaksanaan TWK yang membuat penyidik senior KPK, Novel Baswedan dipecat dibuat untuk menggembosi kinerja KPK sehingga tak bisa menangani kasus-kasus besar. 

Dalam orasi tersebut, mahasiswa menyatakan bakal melakukan aksi serupa dalam jumlah massa yang lebih besar pada Kamis sore ini guna memprotes pelaksanaan TWK. 

"Negara kita memang negara kaya, kaya akan ketidakadilan, kaya akan kesengsaraan, kaya akan ketidapuasan," terangnya. 

Aksi unjuk rasa berjalan tertib hingga berakhir sekitar pukul 18.00 WIB. Tak ada penutupan jalan dan pembakaran ban selama aksi berlangsung. 

Hanya arus lalu lintas dari arah Pulogadung ke Jatinegara cukup tersendat karena banyak pengendara yang melambatkan laju kendaraannya untuk melihat demo dilakukan mahasiswa. 
(Ardhi Ridwansyah) 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler