Tanggungjawab Pemprov yang Kena Batunya Pemkab, Bupati Pandeglang Ngedumel Tiap Banjir jadi Sasaran Kesalahan

Rabu, 29 September 2021 21:05 WIB

Share
Bupati Pandeglang, Irna Narulita rela hujan-hujanan di Pasar Pandeglang untuk mengecek drainase yang jadi penyebab banjir tahunan. (Foto: Yusuf Permana)

PANDEGLANG,  POSKOTA .CO.ID – Bupati Pandeglang, Irna Narulita nekat hujan-hujanan saat mengecek saluran air (drainase) di pasar Pandeglang, Rabu (29/9/2021).

Aksi Bupati Pandeglang Irna Narulita yang berjalan menembus hujan bukan tanpa alasan. Dia mengaku merasa prihatin setiap turun hujan sering terjadi banjir di Pasar Pandeglang.

“Pembangunan saluran air (drainase) di kawasan pasar Pandeglang ini sebenarnya kewenangan Pemprov Banten, bukan kewenangan Pemkab Pandeglang. Kami telah mengusulkan beberapa tahun yang lalu, tapi tidak ada tindaklanjutnya dari Pemprov Banten,” kata Irna.

Menurut Irna, jalan dan drainase di Pasar Pandeglang sendiri merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Banten. Namun,  kondisi pasar yang kerap banjir ini hingga sekarang belum juga disikapi oleh Pemprov Banten.

" Tidak ada respon. Tapi tidak apa-apa lah kami memaklumi, permasalahan ini akan kami selesaikan sendiri. Karena pasar Pandeglang ini mukanya Pemerintah daerah.  Setiap kali banjir, bupati yang disalahkan. Padahal dalam hal ini tanggung jawab Pemprov Banten, “terangnya.

Ia menambahkan, untuk menyelesaikan permasalahan ini, Pemkab Pandeglang telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

 “Insya Allah bulan Desember akan ditenderkan pembangunanya sepanjang 1,4 kilo meter, sebelah kanan dan kiri pasar Pandeglang. Mudah-mudahan di awal tahun sudah proses pembangunanya, “tambahnya.

Lebih lanjut, Irna mengatakan, Pemkab Pandeglang selama ini bukan mengabaikan banjir di pasar tersebut dan juga persoalan sarana infrastruktur lainnya.

Namun,  lanjut Irna,  Pemkab Pandeglang  sendiri memiliki anggaran yang terbatas dan sedang fokus terhadap pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

"Ditambah jalan dan drainase yang berada di pasar Pandeglang ini merupakan tupoksi Pemprov Banten. Akan tetapi kami berkomitmen untuk menangani permasalahan ini dan berharap pembangunanya bisa terselesaikan dengan baik,“ pungkasnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler