Puskeswan Kabupaten Serang Gencar Vaksinasi Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan Warga 

Rabu, 29 September 2021 20:49 WIB

Share
Seorang petugas kesehatan sedang memvaksinasi hewan piaran di Puskeswan, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang agar terhindar dari rabies.(ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Serang gencar melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat secara gratis.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies, lantaran sangat berbahaya untuk manusia. 

Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Tutur Kristanto mengatakan, pelayanan vaksinasi rabies rutin dilaksanakan di kantornya di Kecamatan

Baros. Selan itu kegiatan vaksinasi juga gencar dilakukan saat menyambut hari rabies sedunia.

Seperti yang dilaksanakan pada kemarin, Selasa (28/9) di Kecamatan Kragilan di shelter penyayang anjing dan Kecamatan Cikande komunitas penyayang kucing. 

"Kebetulan kemarin yang kita datangi karena populasi anjingnya banyak untuk yang di Kragilan dan yang komunitas kucing ngumpulnya di Cikande," ujarnya kepada wartawan, Rabu (29/9/2021).

Tutur menjelaskan penyakit rabies ini tergolong sangat berbahaya untuk manusia. Karena bisa menyebabkan kematian, bahkan sebelum kematian biasanya diiringi gangguan saraf dan perilaku menjadi agresif. 

"Alhamdulillah memang untuk di Kabupaten Serang tidak ada yah yang positif rabies, kalau untuk di Banten yang pernah ada di Lebak dan Pandeglang, tapi sudah lama," tuturnya.

Namun kata dia meskipun di Kabupaten Serang tidak ada kasus rabies pihaknya saat ini terus mengantisipasi penyebarannya. Apalagi di Banten sendiri tengah mencanangkan pembebasan rabies. 

"Jadi dalam rangka mendukung itu kita laksanakan vaksinasi gratis untuk masyarakat. Untuk hewannya itu anjing, kucing, musang dan kera," tuturnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler