Penuhi Ketersediaan, Kemenag Beri Bantuan Oksigen Konsentrator Buat Tiga Pondok Pesantren

Selasa, 28 September 2021 07:50 WIB

Share
Bantuan oksigen dari Kemenag ini bekerjasama dengan Astana atau aksi santri tanggap bencana serta Tonoto Foundation untuk mengatasai kebutuhan oksigen medis.(Foto:ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Tiga Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Serang mendapat bantuan berupa oksigen konsentrator dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Bantuan oksigen untuk memenuhi kebutuhan dan ketersedian oksigen medis pada Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren).

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kemenag RI, Waryono kepada masing-masing Pengurus Ponpes meliputi Pengurus Ponpes An Nawawi Tanara, Ponpes Nur El-Falah, dan Ponpes Darul Anwar. 

Acara penyerahan dilakukan di aula serba guna Ponpes An-Nawawi Tanara Kecamatan Tanara, Senin (27/9/2021), dengan dihadiri  Pengurus Ponpes An Nawawi Tanara, KH Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Faturohman, dan Asisten Daerah (Asda) Bidang Administrasi Pemerintahan Kabupaten Serang, Nanang Supriatna.

Waryono menuturkan, bantuan oksigen dari Kemenag yang bekerjasama dengan Astana atau aksi santri tanggap bencana serta Tonoto Foundation untuk mengatasai kebutuhan oksigen medis bagi masyarakat pesantren khususnya, oksigen konsentrator dapat menjadi  alternatif bagi pasien dengan gangguan pernapasan. 

“Oksigen konsentrator adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan oksigen bagi pasien yang memiliki gangguan pernapasan,” ujar Waryono. 

Waryono melanjutkan, Poskestren dipilih karena menjadi unit pertama pelayanan kesehatan kuratif untuk resiko gangguan pernapasan warga pesantren dan sekitarnya. 

“Baik itu gangguan pernapasan yang disebabkan penyakit bawaan maupun gejala yang di timbulkan akibat infeksi Covid-19,” katanya. 

Dijelaskan Waryono, oksigen konsentrator mampu membantu meningkatkan oksigen pada pasien yang memiliki kadar saturasi antara 88-92 persen. 

Oksigen konsentrator dilengkapi dengan filter khusus yang membantu menghilangkan nitrogen dari udara untuk memastikan pengiriman oksigen yang dimurnikan sepenuhnya kepada pasien. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler