Bulan Vaksinasi Rabies, Pemprov Banten Siapkan 1000 Dosis Vaksin 

Selasa, 28 September 2021 20:18 WIB

Share
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Agus M Tauchid seusai mengikuti pelaksanaan vaksinasi rabies di Kota Serang, Selasa (28/9/2021).(Foto: Luthfillah)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Dalam menghadapi bulan vaksinasi rabies, Pemprov Banten saat ini menyediakan 1.000 dosis vaksin rabies yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota. 

Proses vaksinasi itu sendiri dilakukan tidak serentak dalam satu hari, namun disesuaikan dengan jadwal masing-masing. 

Misalnya di Kota Serang hari ini Selasa (28/9/2021), Kabupaten Serang Kemarin, dan terus mengikuti daerah lainnya selama satu bulan ini, termasuk pada saat HUT Banten nanti. 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Agus M Tauchid seusai mengikuti pelaksanaan vaksinasi rabies di Kota Serang, Selasa (28/9/2021) mengatakan, tujuan pelaksanaan vaksinasi rabies ini untuk menyelamatkan hewan, menyelamatkan manusia serta untuk menjaga supaya pertumbuhan ekonomi di Banten tidak terganggu. 

"Kalau sebuah wilayah terkena endemi rabies, itu pasti sangat mengganggu perekonomian daerahnya seperti yang pernah terjadi di Provinsi Bali beberapa tahun ke belakang," ujarnya. 

Sampai saat ini, lanjut Agus, alhamdulillah Banten hampir enam tahun terakhir tidak ada kasus rabies yang ditemukan, dan ditargetkan akan diusulkan ke Kementrian Pertanian untuk mendapatkan predikat Provinsi bebas rabies. 

"Kalau sudah begitu, ada keuntungan untuk kita. Pertama dari sisi aspek perekonomian tidak akan ada gangguan, investasi juga tidak akan terganggu," katanya. 

Dari kegiatan ini, Agus berharap mudah-mudahan ada proses edukasi yang terbangun. Karena bagaimana pun juga hewan yang hidup di sekeliling  punya potensi terkena rabies kalau tidak dipelihara dengan baik. 

"Saat ini hanya untuk vaksinasi rabies terhadap kucing saja. Kalau untuk musang, anjing pelaksananya khusus di kantor kami di Kesmavet," ucapnya. 
(Luthfillah) 
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler