Begini Modus Sindikat Bersenjata Spesialias Pembobol Minimarket Lintas Jawa-Bali

Selasa, 28 September 2021 09:22 WIB

Share
Pelaku pembobol brankas minimarket  berhasil. Diamankan jajaran Satreskrim  Polres Lebak (Foto:Yusuf Permana) 

Namun,  hingga esok harinya para pelaku yang menggunakan  dua mobil ini tidak mendapatkan target incarannya.  Sehingga mereka pergi ke wilayah Kabupaten  Lebak,  tepatnya Warunggunung. 

"Di Warunggunung  mereka yang melihat situasi pada sebuah minimarket  yang sepi,  langsung melancarkan aksinya dengan membagi tugas terlebih dahulu. Agus dan DS bertugas memasuki minimarket  melewati bagian atap. Sementara pelaku lainnya mengintai situasi disekitar lokasi jarahan," katanya. 

Namun,  aksi mereka gagal karena terdapat warga yang memergoki mereka.  Alhasil,  Agus dan DS yang sebelumnya sudah masuk dan hendak  membobol brankas minimarket itu lari kocar-kacir bahkan melompat dari atap minimarket. 

Mereka yang sebelumnya dikejar oleh warga sekitar berhasil melarikan diri,  dengan cara menembaki peluru ke udara, yang sontak membuat takut para warga. 

"Dari sana kita lakukan olah TKP dengan memeriksa rekaman CCTV dan berhasil menangkap kedua orang pelaku itu, " katanya. 

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari kedua orang pelaku itu sendiri yakni dua buah senjata api berjenis airsoftgun dan rakitan lengkap dengan amunisi pelurunya. Dan perlengkapan las lengkap, obeng serta hunting besi  yang diduga digunakan para pelaku untuk membobol brankas. 

Para pelaku yang kini sudah meringkuk di balik jeruji besi itu terancam pasal berlapis untuk mempertangungjawabkan perbuatanya. Yakni pasal 363 KHUP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan UU Darurat nomor 1 pasal 12 tahun 1951 tentang  kepemilikan dan penggunaan senjata api ilegal dengan ancaman hukuman 20 tahun  penjara. 

(Yusuf Permana

 

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler