Ada Dua Jenis Virus Rabies yang Bisa Menulari Manusia, ini Ciri-cirinya 

Selasa, 28 September 2021 14:06 WIB

Share
Dokter spesialis hewan pada UPT Pelayanan Kesmavet Provinsi Banten, Ari Mardiana. (Foto : Luthfillah)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Sosialisasi tentang bahaya rabies sering digaungkan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat. Namun terlepas itu, masih banyak juga masyarakat yang belum mengetahui tentang bahayanya paparan virus itu jika sampai mengenai manusia. 

Virus ini umumnya masuk ke tubuh manusia melalui cakaran atau gigitan hewan yang terinfeksi virus rabies. Jilatan hewan yang terinfeksi ke mulut, mata atau luka terbuka, juga bisa menjadi cara penularan virus rabies dari hewan ke manusia.

Dokter spesialis hewan pada UPT Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Provinsi Banten Ari Mardiana mengatakan, ciri-ciri hewan yang terkena rabies biasanya menggigil atau bisa juga dingin, tergantung jenis virus rabies yang menyerang. 

"Karena virus rabies itu ada dua jenis, rabies ganas dan dingin atau tenang," ujarnya, Selasa (28/9/2021). 

Ari menambahkan, untuk rabies ganas biasanya hewan itu galak dan suka menggigit apa saja yang ada di sekitarnya. Hal itu dikarenakan susunan saraf otaknya sudah terganggu. 

"Jadi udah kaya orang gila yang galak, suka ngamuk dan menggigit apa saja," ucapnya. 

Selain itu, lanjutnya, ada juga jenis rabies dingin atau tenang. Hewan yang mengalami virus rabies jenis ini biasanya hanya diam saja namun mulutnya berbusa. 

"Dan usianya tidak lama, biasanya dalam jangka waktu tujuh hari sudah meninggal," katanya. 

Untuk itu, tambah Ari, proses penanggulangan utamanya adalah dengan divaksin rabies yang dilakukan setiap tahun sekali. 

"Nah, kemudian bagaimana dengan manusia yang tergigit hewan yang terinfeksi virus rabies? Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan menunggu lama," pungkasnya. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler