Tas Rajut Berbahan Dasar Koran Bekas Hasil Karya Warga Binaan Rutan Serang ini Dibandrol Murah Meriah

Minggu, 26 September 2021 18:04 WIB

Share
Tas rajut karya WB ukuran kecil dibandrol harga sebesar Rp 50 ribu sedangkan yang paling besar mencapai Rp120 ribu. (Foto: Luthfillah) 

SERANG, POSKOTA.CO.ID- Puluhan Warga Binaan (WB) Rutan kelas IIB Serang berhasil memproduksi berbagai hasil kerajinan tangan. Salah satunya tas rajut  berbahan dasar koran bekas yang dibandrol harganya mencapai ratusan ribu rupiah. 

Tas rajut itu sendiri terdiri dari beberapa ukuran, dari mulai ukuran kecil, sedang sampai yang paling besar. 

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan kelas IIB Serang Maulana Kahfi mengatakan, untuk tas rajut ukuran kecil dibandrol harga sebesar Rp 50 ribu sedangkan yang paling besar mencapai Rp120 ribu. 

"Yang kecil juga bisa mahal harganya, tergantung dari tingkat kerumitan pada saat proses pembuatannya," katanya, minggu (26/9/2021). 

Menurut Maulana, meskipun berbahan korban bekas, namun tas rajut ini tidak mudah rusak meskipun terkena hujan. Hal itu dikarenakan dalam proses pembuatannya sudah terlebih dahulu dilakukan pengerasan dan pembuatan bentuk.

"Proses pengerasan itu yang membutuhkan waktu lama, guna memastikan hasilnya yang bagus dan awet," katanya. 

Namun secara keseluruhan, lanjutnya, proses pembuatan satu tas rajut memakan waktu sekitar dua minggu sampai jadi. 

"25 tas rajut ini merupakan hasil karya enam orang WB yang kesemuanya perempuan," katanya. 

Selain pembuatan tas rajut, WB juga melakukan aktivitas berkebun dan beternak. Berkebun itu dilakukan secara hidroponik dan manual di lahan seluas 500 meter. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler