Alami Korsleting Listrik di Mesin Press, Pabrik Konstruksi Rangka Besi Terbakar 

Minggu, 26 September 2021 19:26 WIB

Share
Para karyawan terpaksa menunggu di luar ketika pabrik tempatnya bekerja terbakar. (ist)
Para karyawan terpaksa menunggu di luar ketika pabrik tempatnya bekerja terbakar. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - PT. PA Ruber Indonesia Jaya, pabrik pembuatan konstruksi rangka besi di Kawasan Modern Industri III Cikande No. 7B, Jl. Raya Serang - Jakarta, Desa Nambo Ilit, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, terbakar, Minggu (26/9/2021). 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut. Penyebab kebakaran pun masih dalam penyelidikan. Pihak perusahaan menaksir kerugian akibat kebakaran mencapai Rp 900 Juta. 

Kepala Pelakasana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan, berdasarkan informasi yang ditrimanya kebakaran berawal adanya korsleting listrik pada bagian mesin press.

Kemudian percikan api yang muncul akibat korsleting tersebut seketika langsung merambat ke bahan yang mudah terbakar. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. 

"Sekitar pukul 12.00 WIB, Damkar kawasan modern berhasil memadamkan api. Damkar BPBD Kabupaten Serang yang juga tiba di lokasi langsung melakukan pendinginan," ujarnya. 

Nana mengungkapkan, dalam kejadian tersebut mesin press rusak berat. "Api berhasil dipadamkan dan kondusif, tidak ada korban jiwa," imbuhnya.

Terpisah Panit Reskrim Polsek Cikande Iptu Desma Priyatna menjelaskan api kebakaran pertama kali diketahui oleh Saepul (32), salah satu karyawan. Api berasal dari mesin blower gedung produksi vilon.

"Saat diketahui api sudah membesar dan menyambar bagian penyimpanan oli. Karyawan pun tidak mampu memadamkan api sehingga melaporkan kepada petugas pemadam kawasan industri. Penyebab kebakaran masih kita selidiki. Dari hasil pemeriksaan pihak perusahaan mengaku mengalami kerugian hingga Rp 900 juta," tambah Desma. 
(RahmatHaryono)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler