Wali Kota Serang Buka Peluang Kaum Perempuan Duduk di Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Pemprov Banten 

Jumat, 24 September 2021 21:21 WIB

Share
Wali Kota Serang membuka peluang bagi kaum perempuan duduki jabatan tinggi kepala OPD. (Foto : Luthfillah)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Wali Kota Serang, Syafrudin membuka peluang kepada ASN jajarannya dari kalangan perempuan untuk ikut mengambil peran dalam kontestasi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemprov Banten. 

Mengingat sejauh ini jabatan untuk eselon II sekelas kepala dinas di Pemkot Serang mayoritas diisi oleh kalangan laki-laki. 

"Kalau ada mah ga papa. Tentunya juga harus memenuhi kualifikasi," katanya, Jumat (24/9/2021). 

Menurut Syafrudin, dirinya sampai saat ini tak mempersoalkan pemimpin Kepala OPD berdasarkan gender. Asalkan, berdasarkan hasil proses seleksi memenuhi standar berdasarkan seleksi jabatan atau open bidding. 

"Kalau sudah mengerucut tiga nama, itu menjadi kewenangan saya. Dan, giliran saya memberikan penilaian dan memilih," katanya. 

Syafrudin mengatakan, salah satu indikator dirinya menentukan siapa yang akan menjadi kepala OPD atau mengisi JPT Pratama di Kota Serang dirinya akan mempertimbangkan rekam jejak.

"Nanti saya akan mempertimbangkan rekam jejaknya seperti apa? Bagaimana saat ia jadi Kabid atau Kasubag. Itu juga jadi pertimbangan lain," terangnya.
 
Menurut Syafrudin, saat ini proses open bidding masih dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Baru, setelah rampung dirinya akan memberikan penilaian tersendiri terhadap peserta. 

"Sepertinya juga ada dari kalangan perempuan yang mengikuti," tuturnya. 

Sebelumnya,  Ketua DPRD Kota Budi Rustandi mengusulkan keterwakilan perempuan dalam open bidding atau seleksi terbuka di tujuh JPT Pratama yang tengah dilakukan Pemkot Serang. Hal ini dilakukan agar dalam perjalanan Kota Serang OPD yang pernah dipimpin oleh perempuan. 

"Keterwakilan perempuan itu wajib, ini kan selama berdirinya Kota Serang tidak pernah ada keterwakilan perempuan," katanya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler