Semua Pakai Syarat Aplikasi PeduliLindungi, Warga Tidak Punya HP Bagaimana?

Kamis, 23 September 2021 15:08 WIB

Share
Seorang calon penumpang pesawat saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Anggota DPR Guspardi Gaus berharap, agar pemerintah mencari solusi terhadap permasalahan yang banyak dikeluhkan masyarakat tentang aplikasi PeduliLindungi.

Pasalnya, banyak masyarakat yang tidak mempunyai HP Android. 

Menurutnya, kebijakan pemakaian aplikasi PeduliLindungi oleh pemerintah tidak boleh menghalangi hak rakyat hanya karena  tidak memiliki telepon seluler pintar (smartphone).

"Sehingga yang bersangkutan tidak bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Sementara itu masyarakat sudah patuh untuk melakukan Vaksinasi, ujar Politisi PAN ini, Kamis (23/9/2021). 

Apalagi saat ini pemerintah tidak hanya  mempersyaratkan aplikasi PeduliLindungi untuk perjalanan saja. 

"Juga diberlakukan sebagai syarat bagi masyarakat untuk  masuk ke pusat perbelanjaan, ke tempat wisata dan berbagai aktifitas di ruang publik lainnya," ulas anggota Baleg DPR ini.

Ia  menambahkan ada juga laporan dari masyrakat yang memiliki Smartphone dan mereka telah divaksin, tetapi masih enggan menggunduh aplikasi PeduliLindungi dalam Ponsel. qAlasannya karena kasus kebocoran data yang terjadi belakangan ini membuat mereka masih  menyangsikan keamanan data pribadinya. 

Oleh karena itu Pemerintah harus mengkaji  mekanisme terbaik dan aman untuk mendapatkan solusi persoalan ini. Tetapi tetap harus menjamin tidak terjadi juga  pemalsukan kondisi kesehatan seseorang sebagaimana yang ada di PeduliLindungi saat ini. 

"Bagaimanapun hak masyarakat tidak boleh juga terkendala dengan kebijakan pemerintah yang sebenarnya baik untuk memantau pergerakan dan melindungi masyarakat saat melakukan aktivitas di tempat publik dalam rangka penanganan Covid-19 ini," pungkas Anggota Komisi II DPR ini. (rizal)

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler