e-Avis, Fitur Canggih Cegah Calo dan Joki dalam Ujian Teori Pembuatan SIM Secara Online 

Rabu, 22 September 2021 13:12 WIB

Share
Kepolisian RI tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi uji teori pembuatan SIM online bernama e-AVIS.(Foto: Pandi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kepolisian Republik Indonesia tengah mempersiapkan peluncuran Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS), yang merupakan aplikasi untuk melakukan ujian teori pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online.

Pamen Teori Satpas SIM Polda Metro Jaya (SATPAS DIM Daan Mogot) Jakarta Barat, Ipda Ambar mengatakan, e-AVIS merupakan layanan uji teori SIM online yang nantinya masyarakat bisa melakukan uji teori dari rumah.

"e-AVIS itu aplikasi ujian teori online untuk pembuatan SIM, jadi memungkinkan masyarakat untuk melakukan uji teori di rumah," ujarnya kepada awak media, Selasa (21/9/2021).

Dikatakan Ambar, pemohon nantinya dipersilahkan untuk mendaftar, kemudian membayar biaya pembuatan SIM. Pemohon selanjutnya akan mendapat nomor registrasi untuk dimasukkan ke aplikasi e-AVIS.

Setelah itu, pemohon dapat langsung mengerjakan ujian teori secara online.

"Pada aplikasi tersebut ada fitur face recognition, jadi selama mengerjakan itu dipastikan wajah pemohon terekam untuk menghindari joki," jelasnya.

Meski begitu, namun kata Ambar, aplikasi ini belum secara resmi diluncurkan.

Namun pelaksanaan uji coba aplikasi telah dilaksanakan sejak 8 September 2021 kemarin. Uji coba tersebut ada di Satpas SIM Daan Mogot dan Polres Bandung.

"Jadi warga yang ke Satpas bisa ujian tidak manual (tertulis) seperti biasa tapi lewat komputer melakui e-AVIS itu yang dilengkapi face recognition," paparnya.

Ambar mengatakan, saat ini satu dari empat kelas ujian teori di Satpas  SIM Daan Mogot sudah dilengkapi komputer untuk mengakses e-AVIS. 
(Pandi)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler