Lolos Fit and Proper Test di DPR, Tujuh Hakim Agung Disahkan, Siapa Saja?

Selasa, 21 September 2021 15:50 WIB

Share
Tujuh Hakim Agung yang disahkan DPR. (rizal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Komisi III DPR memutuskan tujuh calon hakim agung yang dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Mereka disetujui dalam rapat paripurna DPR RI, di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (21/9/2021).

"Ada tujuh calon yang sudah ditetapkan dan tidak ada perbedaan pendapat di Komisi III untuk ditetapkan sebagai hakim agung," ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad usai rapat paripurna.

Tujuh hakim tersebut adalah dari lima kamar pidana yakni Dwiarso Budi Santiarto, Jupriyadi, Prim Haryadi, Suharto dan Yohanes Priyana.

Lalu, ada satu dari kamar perdata yakni Haswandir, dan dari kamar militer, yaitu Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan.

Tujuh calon hakim agung itu sebelumnya telah dipilih oleh Komisi III DPR RI setelah melalui rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh Komisi III DPR RI.

"Apakah hasil laporan komisi DPR RI terhadap uji kelayakan calon hakim agung tahun 2021 tersebut dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad selaku pemimpin rapat paripurna.

"Setuju," jawab peserta rapat diikuti ayunan palu sidang oleh Dasco sebagai tanda pengesahan.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry mengatakan, proses pemilihan calon Hakim Agung tersebut dilakukan secara profesional dan transparan.

Hal itu bertujuan agar para calon Hakim Agung yang dipilih adalah yang kredibel dan berintegritas.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler