Tiga Kru Pesawat Rimbun Air yang Jatuh di Pegunungan Intan Jaya Ditemukan Meninggal Dunia 

Rabu, 15 September 2021 20:32 WIB

Share
Penampakan bangkai pesawat Rimbun Air yang jatuh di Intan Jaya Papua. (dok.Basarnas)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tiga kru pesawat Rimbun Air yang terjatuh usai hilang kontak di sekitar Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Rabu (15/9/2021) sore.

Ketiga jenazah ditemukan oleh aparat TNI-Polri yang melakukan proses evakuasi terhadap pesawat tersebut. 

"Iya benar, tiga-tiganya meninggal dunia," kata Kapolres Intan Jaya, AKBP Sandi Sultan dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).
      
Sandi menyatakan tiga kru pesawat Rimbun Air PK OTW yang jatuh di Bilorai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua ditemukan meninggal dunia. 

"Pilot, Kopilot dan Mekanik semua ditemukan meninggal," ujar Sandi .

Menurut dia, tim evakuasi sudah berhasil mencapai lokasi kecelakaan sejak pukul 16.30 WIT. Namun, cuaca menjadi kendala karena hujan turun sejak siang. 

"Ketinggian di 2.400 mdpl. Cuaca hujan dan kabut, (tebingnya) curam sekali. Helikopter tidak bisa mendekat," kata dia
     
Dia menjelaskan bahwa jenazah pilot dan co-pilot ditemukan masih duduk di kursi yang ditempatinya ketika menerbangkan pesawat itu.

Sementara, salah seorang teknisi pesawat yang turut ikut dalam penerbangan itu disebutkan Sandi ditemukan beberapa meter di sekitar pesawat.
     
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal menerangkan tempat penemuan pesawat tersebut diduga berada sekitar 800 meter dari bandara.
     
Ia menambahkan pesawat Rimbun Air diduga jatuh  karena cuaca buruk di Papua. Rinciannya, kata dia, pesawat ditemukan pada ketinggian 2.400 meter di wilayah Kampung Bilogai, Distrik Sugapa.
     
"Dapat ditempuh menggunakan sepeda motor, kemudian harus berjalan kaki menuju perbukitan untuk sampai di titik jatuhnya pesawat," kata Ahmad Musthofa Kamal.
     

Menurutnya, pesawat dapat terjatuh saat terbang karena kondisi cuaca yang tak mendukung. Diperkirakan, pesawat akan melakukan landing namun landasan tak terlihat dengan jelas. 
(Agus Johara)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler