Parah! Blok C II Lapas Kelas I Tangerang yang Terbakar Kapasitasnya Hanya 38 Orang, Tapi Dijejali 122 Napi 

Jumat, 10 September 2021 15:33 WIB

Share
Lapas Keelas I Tangerang. (iqbal)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Kerusakan blok C II Lapas Kelas I Tangerang bekas kebakaran mulai direnovasioleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Renovasi Lapas mulai dilakukan paska terjadinya kebakaran hebat yang menewaskan 44 orang narapidana dan puluhan lainnya mengalami luka bakar. 

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti membenarkan bahwa renovasi terhadap Lapas yang rusak ini sudah mulai dilakukan. 

"Sudah dari kemarin (direnovasi), sudah dari kejadian terus bekerja sambil tim kepolisian juga memang melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran," jelas Rika, Jumat (10/9/2021). 

Apalagi, lanjut Rika, blok di lapas ini harus segera kembali dapat dihuni. Pasalnya sampai saat ini Lapas Kelas I Tangerang masih dalam kondisi over kapasitas. 

"(Renovasi) agar blok C 2 bisa dipergunakan kembali. Karena  sama sama kita ketahui bahwa Lapas Kelas I tangerang itu over capacity," ucap dia. 

Seharusnya, jelasnya,Lapas Kelas I Tangerang ini hanya diisi oleh 600 narapidana saja. 

Namun dalam kenyataannya, terdapat dua ribu lebih narapidana yang menghuni lapas ini. 

"Yang seharusnya 600 (napi) terisi 2.069. Blok C 2 sendiri sebenarnya hanya untuk 38 orang. Tapi  pada saat kejadian terisi 122 orang," tuntasnya. 
(Muhammad Iqbal)


 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler