Lapas, Surganya Narkoba Terbakar Bak di Neraka 

Kamis, 9 September 2021 22:01 WIB

Share
Situasi saat Lapas Kelas 1 Tangerang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari yang menyebabkan 41 napi tewas terbakar.(ist)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda kelas I Tangerang terbakar pada Rabu dinihari (8/9/2021). 40 lebih narapidana tewas mengenaskan. Tubuh mereka gosong terpanggang. Sebagian besar selamat. Sebagian lainnya mengalami luka parah. 

Di balik tragedi mengerikan itu, ada sepenggal kisah. Cerita menarik ini diungkapkan seorang mantan napi penghuni lapas tersebut. Dia merinci pengalamannya mulai dari getir dan manisnya  hidup di balik jeruji penjara.

Sebut saja Mr J. Perawakannya tegap, meski tubuhnya agak tambun. Tato menghias di beberapa bagian tubuhnya. Ada di tangan, di dada juga ada. Dengan logat Betawi-nya yang kental, Mr J mengaku berduka dengan peristiwa terbakarnya lapas kelas I tempatnya dulu menghuni.

Ane ikut sedih bang. Nggak kebayang ratusan orang di dalam nggak berdaya terbakar. Serasa di neraka,” paparnya membuka perbincangan dengan Poskota.co.id di Kamis (9/9/2021).  

Menjadi  seorang narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bukanlah impiannya. Menurutnya, tak ada seorang pun yang mau hidup menjadi terpidana dari berbagai macam kasus. 

“Total, ane sekarang udah nggak pake narkoba. Udah stop,” tegas Mr J saat ditemui di sebuah tempat ngopi santai.

Mr J bisa mendekam di lapas Tangerang bermula ketika ia ditangkap sebagai pengedar narkoba pada tahun 2009 lalu dan digelandang petugas ke Polsek Ciledug. 

"Ane kasus narkoba sabu dan ganja. Cuma ganjanya saat di Polsek sudah ‘dibantulah’," terangnya. 

Setelah proses penahanan di Polsek Ciledug selesai, ia dikirim ke Lapas Tangerang Lama (TL/Lapas Pemuda Kelas II Tangerang).  

"Setelah selesai vonis, dapat tiga bulan ane dioper ke TB (Tangerang Baru/Lapas Kelas I Tangerang)," terangnya. 

Halaman
1 2 3 4 5 6 7
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler