Antisipasi, Lapas Narkotika Jakarta Ajak Warga Binaan Bersama Gulkarmat Gelar Simulasi Kebakaran

Kamis, 9 September 2021 19:38 WIB

Share
Petugas Lapas Cipinang sedang menggeledah seorang warga binaan, Kamis (9/9/2021) (ist) 

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - Kebakaran yang menewaskan puluhan napi Lapas kelas I Tangerang menjadi sorotan banyak pihak. Untuk menghindari kejadian serupa, beberapa Lapas di lokasi lain berbenah. 

Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah  penanganan sarana dan prasarana  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Jakarta. 

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Jakarta, Cipinang, Jakarta Timur  tak luput untuk melakukan pemeriksaan terhadap instalasi listrik dan penggunaan alat elektronik

Kalapas Narkotika Jakarta, Bambang Wijanarko menyampaikan jika pihaknya memastikan adanya alat pemadam api ringan di lapas.

Satu per satu kamar hunian diperiksa. Selain itu, warga binaan juga dikumpulkan untuk diberi edukasi oleh Kepala Lapas dan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal PAS).

Nantinya, kata dia, lapas narkotika Jakarta (Lapas Cipinang) akan menggelar simulasi antisipasi kebakaran bersama dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).

"Kita ke depan bekerja sama dengan Damkar untuk diadakan simulasi di Lapas narkotika. Baik bagi warga binaan juga sekaligus petugas lapas," kata Bambang melalui keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Bambang menjelaskan,  kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban serta menindaklanjuti arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tentang penertiban instalasi listrik pada blok dan kamar hunian.

"Kami bersama Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal PAS) melaksanakan sidak kamar hunian narapidana sesuai intruksi Kemekumham DKI Jakarta," terangnya.

Kegiatan ini diikuti Kasubdit Penindakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Dalam kegiatan penertiban instalasi listrik ini melibatkan sebanyak 45 anggota Satopspatnal Ditjen PAS.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler