WNA Asal Portugal dan Afrika Selatan Turut jadi Korban Kebakaran Lapas di Tangerang

Rabu, 8 September 2021 12:24 WIB

Share
Puluhan jenazah napi kelas 1 Tangerang yang gosong terpanggang berjejer di RSUD Kabupaten Tangerang. (Foto: M. Iqbal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly instruksikan jajaranya untuk segera mengevakuasi korban kebakaran dan pemulihan warga binaan di Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten.

Yasonna yang meninjau langsung ke lokasi kejadian juga menyampaikan rasa dukanya atas kejadian yang merenggut sedikitnya 41 warga binaan meninggal, 8 luka berat dan 75 lainnya mengalami luka ringan.

"Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kejadian ini. Saya sudah menginstruksikan jajaran untuk secepatnya melakukan evakuasi dan fokus memberikan penanganan terbaik untuk memulihkan korban luka. Ini kejadian yang memprihatinkan bagi kita semua," kata Yassona dalam keterangan tertulis yang diterima Poskota.Co.Id, Rabu (8/9/2021).

Lanjut Menkumham, pihaknya sejauh ini juga telah berkoordinasi dengan aparat terkait guna menyelidiki penyebab kebakaran yang menewaskan puluhan warga binaan tersebut.

Dalam kejadian itu, Yasonna mengungkapkan, dalam peristiwa itu terdapat dua warga binaan berasal dari dua negara asing yakni Afrika Selatan dan Portugal yang turut menjadi korban kebakaran.

"Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba. Dua diantara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal," ucapnya.

Ia menegaskan, guna menindaklanjuti kejadian ini Kemenkuham bersama pihak terkait untuk menyelidiki sebab sebab kebakaran.

"Dan tentu saja memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti ini tidak terjadi lagi," pungkasnya. 
(Fahmi Ramadhan)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler