Langsung Penyidikan, Kapolda Metro Jaya Pastikan 41 Orang Tewas Dalam Kebakaran Lapas di Tangerang  

Rabu, 8 September 2021 09:26 WIB

Share
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran terjun langsung ke Lapas Tangerang Kelas 1 yang terbakar dan menewaskan 41 napi serta puluhan luka-luka. (Foto: M.Iqbal)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memastikan jumlah narapidana yang hangus terbakar yakni 41 orang.

Kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang terjadi Rabu (8/9/2021) dini hari. Namun sampai saat ini petugas masih melakukan penanganan. 

"Lapas Tangerang, Kapolres, didukung tim dari Polda, melakukan pengamanan TKP dan penyelamatan terhadap Warga Binaan dan upaya untuk memadamkan dan mengisolasi agar api tidak meluas itu langkah awalnya," ungkap Kapolda, Rabu (8/9/2021). 

Fadilmengatakan, saat kebakaran terjadi api dapat dipadamkan pukul 3:00 pagi hari.

"Api mulai berkobar sekitar jam 1.45 kemungkinan besar kebakaran ini hampir berlangsung selama dua jam lebih," jelasnya. 

Kapolda menyebutkan, setelah api berhasil dipadamkan kemudian korban dievakuasi. Dia mengaku dalam evakuasi terdapat korban selamat dan korban meninggal dunia. 

"Yang luka segera kita lakukan perawatan di luar rumah sakit Sitanala dan RSUD Kabupaten Tangerang, yang meninggal juga demikian. Adapun yang meninggal ada 41 orang, kemudian yang luka ada 8 orang, 72 orang luka ringan, dirawat di poliklinik Lapas Tangerang," jelasnya. 

Kapolda memastikan saat ini kondisi Lapas dapat terkendali. Namun petugas gabungan masih dalam penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran ini terjadi. 

"Situasi Lapas terkendali, kemudian untuk langkah selanjutnya adalah melakukan penyidikan sebab terjadinya kebakaran, tim dari Puslabfor Mabes Polri dari Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama Satreskrim Polres Tangerang bekerja maraton untuk mengetahui sebab kebakaran," jelasnya. 

Fadil menambahkan dirinya sudah melakukan pengecekan terhadap blok di dalam Lapas yang terbakar. Dia menyimpulkan penyebab awal kebakaran yakni terjadi kosleting arus listrik. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler