Anggaran Sektor Pendidikan Naik, Kesehatan Menurun di Postur Perubahan APBD Banten

Rabu, 8 September 2021 21:28 WIB

Share
Gubernur Banten Wahidin Halim. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Alokasi anggaran di APBD perubahan 2021 untuk sektor pendidikan mengalami peningkatan yang semula 31,04 persen menjadi sebesar 34,38 persen dari dari total belanja daerah. 

Sementara itu, untuk anggaran sektor kesehatan terjadi penurunan yang semula 14.96 persen menjadi sebesar 10,31 persen dari total belanja 
di luar gaji. 

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan, kedua sektor itu merupakan belanja mandatory dari pemerintah pusat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dalam perubahan APBD tahun anggaran 2021 ini. 

"Ada lima belanja daerah yang harus dipenuhi sesuai dengan amanah perundang-undangan yang harus dipenuhi, salah satunya kedua belanja itu," ucapnya, Selasa kemarin (7/9/2021). 

Diakui WH, meskipun sektor kesehatan terjadi penurunan, namun secara aturan perundang-undangan sudah di atas standar yang diberlakukan. 

"Di aturan perundangan itu minimal 10 persen, saat ini yang dialokasikan untuk kesehatan sebesar 10,31 persen," katanya. 

Pada postur anggaran perubahan 2021 ini, Pemprov Banten mengalokasikan belanja daerah sebesar Rp12,61 triliun dari total target pendapatan sebesar Rp12 triliun. 

Untuk belanja prioritas lainnya yakni sektor infrastruktur 25 persen, belanja Aparat Pengawas Internal pemerintah 
(APIP) semula sebesar 0,38 persen menjadi sebesar 0,55 persen. Lalu belanja pengembangan sumber daya manusia semula sebesar 0,34 persen menjadi 0,44 persen. 

"Lalu ada beberapa kegiatan yang bersumber dari pinjaman SMI masih tetap berjalan seperti pembangunan gedung RSUD Banten delapan lantai dan sport center," ucapnya. (Luthfillah) 

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler