Politisi Perempuan di Parlemen Lebak Lebih Hebat dari Politisi Pria, Bupati Salut  

Minggu, 5 September 2021 13:02 WIB

Share
Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menyampaikan arahannya kepada para anggota Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI).(ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Bupati Pandeglang Irna Narulita menghadiri Penguatan Kapasitas Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) dan Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Pandeglang Periode 2021 -2026  di Gedung Pendopo Pandeglang, Minggu (5/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan, partisipasi politik perempuan sangat penting, karena dapat berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunan bangsa dan negara.

"Partisipasi perempuan Indonesia dalam Parlemen masih sangat rendah, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap permasalahan yang dihadapi oleh perempuan, " ucap Irna.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, saat ini partisipasi perempuan Indonesia dalam parlemen terutama di Kabupaten Pandeglang masih rendah. Maka dari itu pentingnya peningkatan partisipasi perempuan, bertujuan agar pengambilan keputusan politik dapat lebih akomodatif dan substansial.

"Untuk menguatkan demokrasi yang senantiasa memberikan gagasan terkait perundang-undangan pro perempuan di ruang publik, perlu adanya peningkatan kapasitas perempuan di parlemen, "tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPPI Pandeglang Rika Kartika Sari mengatakan, jumlah kepengurusan KPPI Kabupaten pandeglang semuanya ada 40 anggota terdiri dari 12 partai politik. Tujuh di antaranya anggota DPRD Pandeglang dari kaum perempuan.

"Kepengurusan KPPI Pandeglang sengaja dirampingkan agar efisien dan produktif, meskipun jumlah anggota sedikit, akan tetapi semuanya memiliki komitmen hebat, dari pada banyak pengurus tapi tidak aktif, " pungkasnya.

(Yusuf Permana)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler