Gaji ke-13 PNS 2022 Bakal Tanpa Tunjangan Kinerja, Ini Respon DPR

Jumat, 3 September 2021 10:35 WIB

Share
Seleksi CPNS di Kantor BKPSDM Kota Tangerang. (Iqbal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2022 bakal tanpa tunjangan kinerja (tukin).

Anggota Komisi II DPR  Guspardi Gaus menanggapinya.

Dia meminta PNS menerima dengan ikhlas dan disikapi dengan bijaksana.  

 

Menurutnya, kebijkan pemerintah melakukan refocusing anggaran tersebut berkaitan dengan kebutuhan dana untuk penanganan pandemi Covid-19 yang masih cukup tinggi di tahun 2022.

Pada tahun 2021, pemerintah sudah empat kali melakukan refocusing anggaran. 

"Pada refocusing kedua, pemerintah tetap membayarkan THR kepada ASN tanpa menyertakan tunjangan kinerja. Dan dari situ, negara menghemat beberapa belas triliun," kata Guspardi, Jumat (3/9/2021)  

Sekarang keadaan keuangan negara memang dalam keadaan  tidak sedang baik-baik saja. Akibat kontraksi keuangan negara yang sangat berat dalam menghadapi Covid-19. 

Dan ASN harus tetap bersyukur pemerintah masih memberikan gaji ke 13 walaupun tidak disertai tunjangan kinerja. Jadi kebijakan ini harus disikapi dengan arif dan  bijaksana. Pemerintah  memang sedang melakukan refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19 yang kita tahu entah sampai kapan akan berakhir," ujar politisi PAN ini. 

Politisi PAN ini menyebutkan para ANS seharunya bisa mengerti dengan kondisi yang sedang dihadapi saat ini. Kebijakan ini mungkin dirasa berat bagi para PNS selama pandemi ini. 

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler