5 Vaksin Dipakai di Indonesia, Satgas: Mampu Memberikan Kekebalan Komunitas

Jumat, 3 September 2021 07:04 WIB

Share
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Ada sebanyak 5 jenis vaksin yang dipakai di Indonesia.

Kelimanya yaitu Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna dan Pfizer.

Seluruh vaksin Covid-19 itu, disuntikkan ke masyarakat telah melewati proses yang tidak sederhana untuk memastikan kualitas dan keamanan vaksin terjamin.

Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat tidak perlu khawatir terhadap 5 jenis vaksin tersebut.

"Vaksin yang telah disuntikkan masih tetap memberi kemampuan kekebalan yang tergolong baik atau mampu baik berdasarkan hasil uji laboratorium atau pengujian di populasi terhadap varian baru secara global, khususnya VOC," terang Wiku dalam keterangannya di Graha BNPB Jakarta, Kamis sore (2/9/2021).

Meski demikian, Wiku menilai mengandalkan vaksin sebagai solusi tunggal di tengah dinamika varian COVID-19, tidak disarankan.

"Karena, sampai hari ini, kenaikan kasus masih terlihat bahkan di negara- negara yang telah melakukan vaksinasi diatas 60% seperti Israel dan Irlandia," kata Wiku.

Ia menambahkan penanganan pandemi dengan vaksinasi harus dibarengi dengan proteksi paling ideal yaitu menjalankan disiplin protokol kesehatan secara sempurna, telah divaksin dosis penuh dan menjalankan upaya 3T secara antisipatif.

Wiku menjelaskan masyarakat tidak perlu khawatir adanya varian-varian baru Covid-19 dikhawatirkan berpotensi menurunkan efektifitas vaksin yang digunakan.

"Karena jenis vaksin yang tengah digunakan dalam program vaksinasi di Indonesia saat ini. Karena WHO telah menegaskan bahwa standar vaksin dalam membentuk kekebalan yang baik ialah yang memiliki nilai efikasi diatas 50 persen," ujar dia.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler