Di Ujung Masa Jabatannya, Sekda Pandeglang Minta PPID Sajikan Informasi Publik Secara Transparan dan Akuntabel

Rabu, 1 September 2021 09:39 WIB

Share
Sekda Pandeglang Pery Hasanudin, saat memberikan arahan kepada para peserta Rapat Koordinasi PPID tingkat Kabupaten Pandeglang di Oproom Setda. (ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin memiliki pesan khusus kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama maupun PPID pembantu di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pesan tersebut agar menyajikan informasi kepada publik secara transparan dan akuntabel.

Hal itu disampaikan oleh Pery, di ujung masa jabatannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat memberikan arahan kepada para peserta Rapat Koordinasi PPID tingkat Kabupaten Pandeglang di Oproom Setda, Selasa (31/8/2021) kamarin.

“Keterbukaan informasi publik sangat penting, baik itu informasi tentang tata kelola Pemerintahan, program pembangunan, informasi kegiatan tentang OPD dan lain sebagainya, tentu saja harus disajikan secara terbuka kepada publik sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang ada, agar informasi tersebut bisa dipertanggung jawabkan kebenenaranya,“ kata Pery.

Menurut Pery, ada beberapa kendala tentang keterbukaan informasi publik diantaranya kurang tersampaikanya informasi tersebut, makanya peran PPID ini harus betul- betul dioptimalkan.

“Dengan memberikan informasi publik secara transparan, tentu saja dapat menghindari hal hal penyalahgunaan informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, karena keterbukaan informasi publik merupakan prinsip dasar Pemerintahan yang baik, “terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang Girgi Jantoro mengatakan, maksud dan tujuan diadakanya Rakor PPID ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai keterbukaan informasi publik dalam memberikan pelayanan informasi.

“Rakor PPID kali ini menghasilkan program kerja diantaranya OPD wajib membentuk susunan PLID (Pengelola Layanan Informasi Dokumentasi), menyediakan Ruang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (RPID) serta PPID pembantu wajib membuat laporan layanan informasi dan dokumentasi setiap tahunya, “tuturnya.

Diketahui, terhitung tanggal 1 September 2021, Pery Hasanudin sudah memasuki masa purna tugas atau pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda).  (Yusuf Permana)

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler