Tinggal di Gubuk Reot, Dapet Bansos Cuma Sekali, Tukang Bersih Makam ini Diupah 500 Ribu Per-Tahun

Minggu, 29 Agustus 2021 14:36 WIB

Share
Sutarman dan gubuk reotnya hidupnya menyayat hati, dapat upah bersihkan makam Rp 500 ribu pertahun. (Foto:Yusuf Permana)

PANDEGLANG, POSKOTA - Sungguh menyayat hati kehidupan Sutarman (87), warga Talaga Paheut, Desa Parumasan,  Cipeucang, Kabupaten Pandeglang.

Bagaiamana tidak, di usianya yang sudah masuk golongan lanjut usia (lansia)  ia harus tinggal seorang diri di sebuah gubuk reot. Mirisnya lagi, rumahnya itu berada persis di samping  Tempat Pemakaman Umum (TPU) Talaga Paheut.

Rumah yang didiaminya itu hanya berukuran 4x6 Meter. Dindingnya terdiri dari triplek bekas dan bambu saja. Itu juga kondisinya sudah reot atau lapuk termakan usia.

Sutarman sudah memdiami rumah reotnya selama 13 tahun. Ia diketahui, bekerja seadanya dan juga mendapatkan untung seadanya dari pekerjaan membersihkan TPU.

Kepada wartawan, Sutarman mengaku memiliki 9 orang anak. Namun, 8 di antaranya sudah meninggal dunia. 

"Sudah 13 Tahun bersihin makam sendiri. Punya anak 9 delapan meninggal sisa satu. Ngurusin cucu dua orang karena orangtuanya meninggal," katanya kepada wartawan di Pandeglang, Minggu (29/8/2021).

Dari penghasilan atau upah membersihkan TPU sendiri, Sutarman hanya mendapatkan upah Rp 500.000. Nominal itu bukan untuk 1 bulan, namun untuk 12 bulan atau satu tahun.

Penghasilan yang sangat minim itu membuat dirinya tidak jarang mengalami kelaparan. Untuk menahan lapar, ia terkadang hanya meminum air sebanyak mungkin agar laparnya dapat teratasi.

Terkadang untuk makan sehari-hari, dirinya hanya berharap adanya uluran tangan dari para dermawan baik hati.

"Kalau laper dan enggak ada makanan, ya cuma bisa minum yang banyak biar lapernya enggak kerasa. Kadang ada orang juga yang ngasih makan," katanya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler