Kado HUT RI ke 76, Populasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon Bertambah 2 Ekor 

Kamis, 19 Agustus 2021 18:32 WIB

Share
Potret Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon terekam kamera jebak (ist) 

PANDEGLANG, POSKOTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengumumkan kabar gembira. Ada dua ekor penambahan populasi badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kini total badak jawa di kawasan konservasi itu berjumlah 75 ekor.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Dudi Mulyadi  mengungkapkan, penambahan populasi itu berhasil didapat dari tim monitoring Badak Jawa yang dipancarkan dari kamera jebak TNUK pada bulan April dan Juni 2021 lalu.

"Iya benar, jadi tiap bulan itu chipnya di kamera trap itu diambil dan disetorkan. Terus  kita identifikasi. Dalam  identifikasi itu tertangkap adanya penambahan populasi. baru dua ekor," katanya saat dihubungi, Kamis (19/8/2021).

Ia mengungkapkan, sebelumnya pada bulan Maret 2021 lalu, juga terdapat penambahan sebanyak 2 ekor bayi Badak Jawa. Sehingga, di tahun 2021 ini pihaknya mencatat terdapat penambahan 4 ekor Badak Jawa.

"Dua  ekor anak Badak Jawa itu terekam kamera video trap di Semenanjung Ujung Kulon. Ini kelahiran kedua di tahun 2021, setelah kelahiran dua ekor anak Badak Jawa bulan Maret lalu," ungkapnya.

Dikatakannya,   penambahan populasi Badak Jawa di Ujung Kulon merupakan kado spesial untuk hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 ini.

Berdasarkan data terbaru di Taman Nasional Ujung Kulon sendiri tercatat sebanyak 75 ekor. Dengan  rincian 42 ekor jantan dan 33 ekor betina.

Dirinya pun berharap agar populasi Badak Jawa semakin meningkat dan tetap eksis di Taman Nasional Ujung Kulon.

(Yusuf Permana)
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler