Ramai Beras Busuk dari Bansos PPKM di Lebak-Pandeglang, Menko PMK : Kualitasnya Memang Masih Sangat Rendah

Sabtu, 7 Agustus 2021 15:03 WIB

Share
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy saat sidak ke gudang Pos Pandeglang. (Humas Pandeglang)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy langsung merespon ketika mendapatkan laporan terdapat beras busuk di Lebak dan juga Pandeglang.

Ia pun langsung melakukan sidak ke kantor Pos Indonesia Cabang Pandeglang, Jum'at (6/8/2021) kemarin.

Dirinya yang didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita pun melakukan pemeriksaan pada beras yang akan didistribusikan pada program bantuan PPKM Darurat.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan, dirinya pun mengatakan bahwa beras yang rusak tersebut sudah di tarik dan diganti dengan yang baru oleh pihak Bulog dan langsung di salurkan oleh PT Pos Cabang Pandeglang.

Ia pun mengakui bahwa saat ini kondisi kualitas beras di Pandeglang masih belum terlalu bagus untuk diberikan sebagai bantuan kepada masyarakat yang terdampak PPKM.

"Kalau dibandingkan dengan beberapa tempat yang saya kunjungi, ada lebih dari lima lokasi baik di Jawa maupun di luar Jawa, beras di sini memang perlu ditingkatkan kualitasnya," ujarnya di Pandeglang, Banten, Jumat (6/8/2021).

Menurutnya, saat ini alat penggilingan hasil produksi tani di Pandeglang masih belum di modernisasi secara utuh, sehingga beras yang dihasilkan masih belum terlalu bagus untuk dikonsumsi.

Dirinya pun menjelaskan bahwa beras hasil petani Pandeglang tidak kalah bagus apabila alat prosedurnya sudah dimodernisasi secara baik.

"Tadi Bupati sudah sampaikan hasil panen di sini surplus, artinya ada yg bisa dijual keluar dan itu supaya mampu bersaing harus bagus alatnya. Sebetulnya gabahnya sudah bagus, tapi penanganan pascapanennya harus diperbaiki, pemilik mesin gilingnya juga mengakui mesinnya di sini perlu di perbaharui," tegasnya.

Nantinya, pihaknya akan mencoba melakukan komunikasi dengan Kementrian Pertanian untuk dapat diberikan alat yang canggih untuk menghasilkan produksi beras terkhusus di Kabupaten Pandeglang.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler