Alasan Zona Merah dan PPKM Level 3, Pilkades Serentak di Pandeglang Kembali Diundur

Selasa, 27 Juli 2021 16:40 WIB

Share
Rapat Koordinasi Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten Pilkades Serentak 2021. (Pemkab Pandeglang)

PANDEGLANG, POSKOTA .CO.ID-- Permerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang secara resmi telah menunda kembali pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Sebelumnya Pilkades tersebbut direncanakan akan digelar pada 8 Agustus 2021.

Penundaan itu bukan tanpa alasan.

Di mana menyusul lonjakan kasus terkonfirmasi covid-19 dalam beberapa waktu terakhir yang telah membuat Pandeglang masuk ke dalam salah satu Daerah di Provinsi Banten yang berada di zona merah. 

Sekda Pandeglang Pery Hasanudin mengatakan, penundaan yang kedua kalinya itu juga menyusul  terbitnya Instruksi Mendagri terkait perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dan 3 dengan Nomor 24 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

"Pandeglang saat ini masuk di level 3 penerapan PPKM, tidak boleh ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan, itulah yang melatar belakangi pemunduran jadwal pilkades," demikian dikatakan Sekda Pandeglang Pery Hasanudin usai Rapat Koordinasi Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten Pilkades Serentak 2021,  Selasa (27/7/2021) di Oproom Setda.

Perpanjang PPKM level 3 dan 4 hingga tanggal 2 Agustus 2021. Sedangkan tahapan Pilkades yang sudah terjadwalkan pada tanggal 2 - 4 Agustus adalah kampanye calon kepala desa, tentu kata Pery hal ini sangatlah tidak memungkinkan.

 "Pencoblosan yang sudah dijadwalkan pada tanggal 8 Agustus tentu akan kita undur setelah ada hasil kesepakatan bersama," ungkapnya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang Suwarno mengatakan, intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) adalah sebuah payung hukum yang jelas untuk ditaati bersama. Apalagi kata Suwarno, bahwa Pandeglang saat ini masuk PPKM level 3. 

"Secara hukum pilkades harus diundur, walau tahapan sudah dibuat, dalam kondisi saat ini harus kita pastikan di TPS tidak ada kerumunan," terangnya.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler