Pandeglang Masuk Zona Merah, Satgas Covid-19 Ungkap Penyebabnya

Kamis, 22 Juli 2021 11:53 WIB

Share
Peta penyebaran covid-19 di Provinsi Banten. (Dinkes Banten)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Kabupaten Pandeglang kini masuk ke dalam zona merah dengan resiko tinggi penularan covid-19.

Kondisi tersebut sangatlah mengejutkan, pasalnya penetapan zona merah itu terjadi secara seketika yang sebelumnya hanya masuk ke zona kuning.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Achmad Sulaeman mengatakan masuknya Pandeglang ke zona merah diakibatkan lonjakan kasus paparan covid-19 yang tinggi dalam setiap harinya.

Selain itu, adanya keterlambatan input data dari pihak Kabupaten ke Pusat juga disebut menjadi penyebabnya.

"Ternyata ada keterlambatan penginputan kasus yang ada di Pandeglang ke pusat, sehingga Pandeglang berubah secara tiba-tiba dari zona kuning ke merah," kata saat dihubungi, Kamis (22/7/2021).

Keterlambatan input data sendiri disebabkan oleh para tenaga operator yang berada di setiap Puskesmas di Pandeglang. Katanya, lebih dari 50 persen tenaga operator di Puskesmas sendiri kini terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, banyak laporan yang masuk ke Pemkab tidak secara utuh melainkan setengah-setengah.

"Jadi ada selisih atau GAP yang cukup besar antara laporan tekonfirmasi dari pihak Puskesmas ke Pemkab, dan dari Pemkab ke Pusat," katanya.

Satgas sendiri kini tengah mengoptimalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro  disetiap pelosok daerah bahkan hingga tingkatan RT/RW di Pandeglang guna menekan angka penyebaran Covid-19. (Yusuf Permana)

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler