Provinsi Banten Tak Bisa Sediakan Tempat Isolasi Mandiri

Senin, 19 Juli 2021 20:56 WIB

Share
Kadinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, tugas yang menyediakan tempat Isoman itu ada di Kabupaten dan Kota, Provinsi hanya dalam hal pengaturan regulasinya saja. (Foto: Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Provinsi Banten sampai saat ini belum memiliki tempat untuk Isolasi Mandiri (Isoman) bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kadis Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti saat dikonfirmasi mengatakan, tugas yang menyediakan tempat Isoman itu ada di Kabupaten dan Kota.

Sedangkan Provinsi hanya dalam hal pengaturan regulasinya saja.

"Tidak ada tempat khusus, tapi bantuan dari Pemprov ada. Karena Provinsi itu kan skalanya harus membuat regulasi dan memfasilitasi, sedangkan kalau teknisnya di Kab dan Kota," jelasnya, Senin (19/7/2021).

Bantuan dari Provinsi itu, lanjut Ati, sudah diutarakan oleh Gubernur Banten yakni dari alokasi Bantuan Provinsi (Banprov) yang diberikan kepada masing-masing daerah.

"Nah, untuk Rusunawa yang di Kota Serang, itu kan rencananya pemanfaatannya akan disatukan dengan Kabupaten Serang, nanti Provinsi bisa memfasilitasi itu," ungkapnya.

Ditambahkan Ati, keberadaan Rusunawa untuk tempat Isoman di setiap daerah memang seharusnya ada, bahkan lebih idealnya setiap kecamatan.

"Apa yang mereka butuhkan nanti dari Pemprov yang memfasilitasi," ucapnya.

Untuk Rusunawa yang ada di Margaluyu, Kota Serang itu, jika difungsikan dengan baik akan sangat membantu proses penanganan pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

"Karena di sana kan ada sekitar 240 tempat tidur, itu sudah cukup efektif," jelasnya.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler