Lapak Hewan Kurban di Tangerang Datangkan Langsung Sapi Super dari Bima NTB

Senin, 19 Juli 2021 07:37 WIB

Share
Sapi asal Bima NTB di lapak Kawidaran, Cikupa, Kabupaten Tangerang. (ist)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID-- Pedagang lapak hewan kurban Idul Adha di Tangerang mendatangkan sapi kualitas super dengan harga terjangkau dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain dikenal memiliki daging kualitas super, Sapi asal Bima kini disebut merajai pasar hewan kurban di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Oleh karenanya, proses mendatangkan sapi super dari Bima cukup terjangkau bagi para pedagang dan dijual kembali dengan harga juga terjangkau kepada masyarakat.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Kabupaten Bima, pada momen Hari Raya Idul Adha tahun 2020 silam, Pemerintah Kabupaten Bima menyuplai sebanyak 6.500 ekor sapi ke wilayah Jabodetabek.

Meski pandemi Covid-19 tahun ini, jumlah permintaan sapi Bima meningkat tajam hingga dua kali lipat yakni sebanyak 12 ribu ekor.

Asikin, pedagang sapi Bima di Cikupa, Kabupaten Tangerang, menuturkan, untuk lebaran haji tahun ini pihaknya menyediakan sedikitnya 150 ekor sapi kurban. 

Ratusan ekor hewan kurban yang simpan di sebuah lahan kosong di kawasan Kawidaran, Cikupa, telah ludes terjual pada H-3 jelang lebaran.

"Alhamdulillah, sapi kurban asal Bima laris manis disini. Saya sediakan sekitar 150 ekor dan sudah habis terjual semua kemarin," ujar Asikin. 

Bahkan, kata dia, pada H-2 jelang lebaran haji para pembeli terus berdatangan ke kandangnya untuk memesan sapi kurban. 

Namun, karena keterbatasan stok ia terpaksa harus mencari sapi dari kandang lain milik rekannya guna memenuhi pesanan pelanggan.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler