Nggak Takut Corona, Petugas Pemakaman Korban Covid-19: Lillahi Ta'ala Saja

Jumat, 16 Juli 2021 20:17 WIB

Share
Sukirno (51) salah satu petugas pemakaman di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. (Foto:Cahyono)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Tiap hari bergelut menangani jenazah Covid-19, membuat Sukirno (51) hapal dengan protokol kesehatan (Prokes). 

Salah  satu petugas makam di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara ini tak berani langsung pulang ke rumah setelah seharian bekerja merapihkan makam. Alasannya, khawatir membawa virus Corona yang dapat menular ke anggota keluarga.

Selepas bertugas, biasanya ia dan teman-teman petugas pemakaman lainnya, nongkrong terlebih dahulu di posko untuk sekedar ngopi-ngopi selama lebih dari 3 jam.

Setelah itu, barulah berani pulang ke rumah. Setelah sampai di rumah pun, Sukirno tak langsung berkumpul dengan anggota keluarga. Tapi lebih dahulu membersihkan diri.

"Kalau kita sih yang penting kalau pulang nggak ketemu keluarga dulu. Nah  kita di lapangan dulu lah kira kira 3 sampai 4 jam. Pas sampe rumah gitu langsung mandi bersih bersih-bersih baru kumpul sama keluarga," ucap Sukirno saat ditemui di TPU Rorotan pada Jumat (16/7/2021) sore.

Saat  ini di TPU Rorotan, tempat Sukirno bekerja, agar proses penggalian liang lahat berjalan cepat. Pengerukan  tanah dilakukan menggunakan alat berat berupa beko.

Setelah pusara tersedia, petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, langsung menguburkan jenazah Covid-19 ke dalam liang lahat.

Sedangkan Sukirno, bertugas merapihkan kuburan jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, setelah selesai dikebumikan.

"Karena di sini pake beko, yang pake APD yang ngangkat peti. Tugas kita nih, kalau ada makam yang ambles nanti dirapihin sama temen-temen kita," ujar Sukirno sambil menunjuk salah satu makam yang sedang dirapihkan oleh rekannya.

Sukirno pun tidak pernah merasa takut terpapar Covid-19, meski setiap hari bergelut di pemakaman khusus jenazah yang terpapar virus Corona.

Halaman
1 2
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler