PPKM Darurat Sepekan: Sempat Bagus di Awal, Mobilitas Masyarakat Kembali Meningkat

Rabu, 14 Juli 2021 15:16 WIB

Share
Penyekatan di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang. (foto: Iqbal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Mobilitas warga pada awal pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sempat menurun.

Namun akhir-akhir sepekan diberlakukannya PPKM Darurat terjadi kembali meningkat. 

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo (PPKM) darurat menyebutkan PPKM darurat sudah berlangsung sepekan sejak 3 Juli 2021.

"Jadi ada peningkatan mobilitas di Jakarta walaupun pada masa PPKM darurat. Di awal (pemberlakuan PPKM Darurat) sempat bagus, di akhir-akhir meningkat," ucap Sambodo.

Menurutnya, peningkatan mobilitas masyarakat saat aturan PPKM darurat diberlakukan dilihat dari hasil evaluasi google mobility, facebook mobility maupun dari inden cahaya malam.

Pada Minggu (10/7/2021), penurunan mobilitas masyarakat hanya 20 persen dari hari sebelumnya yang mencapai 30 persen. "Ini ternyata di Jakarta kemarin mobilitasnya meningkat. Padahal di PPKM ini penurunan mobilitasnya harus di atas 30 hingga 50 persen," ucap Sambodo.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan penyekatan pada 63 titik ruas jalan sepanjang PPKM darurat diberlakukan. Dari 63 titik ruas jalan, 28 di antaranya yang ada di batas kota dan jalan tol. Sedangkan 21 titik jalan yang rawan pelanggaran protokol kesehatan dan 14 pengendalian mobilitas yang diawasi dengan patroli.

Lokasi penyekatan kemudian ditambah 12 titik hingga total mencapai 75 titik. Tiga di antaranya yakni di Jalan Fatmawati dan Jalan Antasari, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. (adji)

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler