Target Suntik 250 Orang Perhari, Pemkot Jakut Fungsikan Mobil Layanan Vaksin Keliling

Senin, 12 Juli 2021 12:02 WIB

Share
Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat meninjau mobile clinic atau klinik berjalan sebagai mobil layanan vaksin yang akan berkeliling ke sejumlah lokasi di permukiman padat penduduk. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) akan memfungsikan mobile clinic atau klinik berjalan sebagai mobil layanan vaksin yang akan berkeliling ke sejumlah lokasi di permukiman padat penduduk. 

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Utara, Yudi Dimyati mengatakan, mobile clinic tersebut mempermudah dan mendekatkan pelayanan vaksinasi terhadap masyarakat.

"Direncanakan, mobil klinik yang ada di Kantor Walikota Jakarta Utara akan difungsikan sebagai mobil layanan vaksin mulai Selasa (13/7). Tujuan dari mobil vaksin keliling ini adalah mempermudah dan mendekatkan pelayanan vaksinasi ke tengah masyarakat sehingga bisa menjangkau langsung ke sejumlah Pos RW," ungkap Yidi, Senin (12/7/2021). 

Ditargetkan, satu unit mobil vaksin keliling akan melayani sekitar 250 orang per-harinya.

"Itu harapan kami bisa melayani 250 orang per harinya kalau dua mobil bisa melayani 500 orang. Karena itu, kami akan bersinergi dengan Lurah, Ketua RT/RW, kader, pengelola RPTRA, PPSU dan unsur lainnya untuk membantu pelaksanaan layanan mobil vaksin keliling di Pos RW," harapnya. 

Hadirnya layanan mobil vaksin keliling akan mengefisienkan keterlibatan tenaga kesehatan (nakes) karena pelaksanaannya akan didukung oleh unsur kewilayahan dan elemen masyarakat.

"Pelaksanaan di lapangan akan dibantu oleh kader kesehatan, Posyandu, dan pengelola RPTRA. Sedangkan anggota PPSU Kelurahan yang akan mengatur alur antrian warga yang ingin divaksinasi supaya tidak terjadi kerumunan. Semua unsur dilibatkan untuk mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 di wilayah Jakarta Utara," terang dr. Yudi. 

Ia menambahkan, tim Nakes hanya sebagai vaksinator dan konsultan kesehatan apabila ada masalah kesehatan yang ingin ditanyakan oleh warga.

"Satu mobil itu ada tiga orang Nakes dibantu tim penunjang seperti kader, pengelola RPTRA, dan PPSU yang diperkirakan berjumlah 20 orang. Diharapkan, seluruh masyarakat yang belum vaksin untuk datang ke lokasi mobil vaksin keliling," ujarnya. (Cahyono)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler