Ombudsman Banten Periksa Disdikbud dan Diskominfo Terkait PPDB Bermasalah

Senin, 5 Juli 2021 17:33 WIB

Share
Suasana pemeriksaan Disdikbud Banten oleh Ombudsman. (foto: Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Ombudsman Kantor Perwakilan Provinsi Banten melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

OPD tersebut ditengarai mempunyai keterkaitan dengan PPDB online tahun 2021 kemarin yang bermasalah.

Di antaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) SMA Lukman, Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) yang dihadiri langsung oleh kepala dinasnya Eneng Nurcahyati, dan juga pihak Inspektorat Provinsi Banten.

Sedangkan dari pihak ombudsman Banten tampak hadir kepala perwakilan Dedy Irsan dan juga Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Zaenal Muttaqin beserta beberapa jajaran di bawahnya.

Berdasarkan pantauan, prosesi pemeriksaan itu dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan baru berakhir sekitar pukul 14.30. WIB.

Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Banten Dedy Irsan seusai melakukan pemeriksaan mengatakan, pemeriksaan ini merupakan bentuk pendalaman yang dilakukan Ombudsman berdasarkan sejumlah laporan yang diterimanya terkait pelaksanaan PPDB online tahun 2021.

"Pemeriksaan terkait dengan kondisi server serta aplikasi yang digunakan oleh Disdikbud Banten yang tadi kami dalami," ucapnya, Senin (5/7/2021).

Hasil pemeriksaan tadi, lanjut Dedy, akan ditindaklanjuti dengan mencari beberapa keterangan dan menginformasi terkait temuan-temuan di lapangan.

"Setelah itu nanti kami akan kembali dalami kepada Disdikbud dan Diskominfo SP untuk melihat langsung server dan aplikasi yang digunakan tersebut," ujarnya.

Rekomendasi yang diberikan kepada Pemprov berdasarkan hasil pendalaman tadi, pihaknya mendorong agar Disdikbud Banten mengevaluasi server dan aplikasi dalam menghadapi pengumuman PPDB yang akan dilakukan nanti.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler