Harmoko dan Kisah Palu Sidang MPR Patah Jelang Soeharto Lengser

Senin, 5 Juli 2021 15:42 WIB

Share
H Harmoko.(ist)

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID-- Mantan Menteri Penerangan RI era Orde Baru, H Harmoko meninggal dunia.

Harmoko meninggal dalam perawatan di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, lantaran menderita Progressive Supranuclear Palsy sejak 2013 lalu.

"Bapak menderita penyakit PSP ini sejak 2013 lalu, kami berusaha semaksimal mungkin merawat beliau di rumah, bahkan kami sediakan perawat," ungkap Dimas Azisoko Harmoko, Senin (05/07/2021).

Dalam perjalanannya hidupnya, Harmoko juga merupakan Ketua MPR pada masa pemerintahan BJ Habibie.

Saat menjabat sebagai Ketua DPR/MPR periode 1997-1999, dirinya mengangkat Soeharto selaku presiden untuk masa jabatan ke-7.

Pengangkatan kembali Soeharto sebagai Presiden RI melalui Sidang Paripura V MPR pada 11 Maret 1998.

Namun ada kejadian langka terjadi pada sidang Paripurna V pada 11 Maret 1998 tersebut, yakni palu sidang tiba-tiba patah.

"Begitu palu sidang saya ketukkan, meleset, bagian kepalanya patah, kemudian terlempar ke depan...," ungkap Harmoko dalam buku Berhentinya Soeharto: Fakta dan Kesaksian Harmoko.

Kejadian tersebut membuat Harmoko terkejut, sebab insiden patahnya palu sidang baru kali pertama terjadi dalam sejarah persidangan MPR.

Rupanya kejadian tersebut sangat dimaknai oleh Harmoko, hingga sampai kapan pun tak bisa dilupakan.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler