Pembatasan Operasional KRL di Stasiun Rangkasbitung Malah Timbulkan Kerumunan, Begini Keluhan Pengguna 

Minggu, 4 Juli 2021 16:03 WIB

Share
Situasi di stasiun Rangkasbitung di PPKM Darurat (Yusuf Permana)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dimulai pada 3 hingga 20 Juli 2021, PT KAI Commuter memberlakukan pembatasan jam operasional Kereta Rel Listrik (KRL) tiga stasiun di Kabupaten Lebak yakni Stasiun Maja, Citeras, dan Rangkasbitung.

Pembatasan dilakukan dengan hanya memberlakukan layanan operasional KRL di tiga Stasiun itu pada pagi hari pukul 04:00 – 07:30 WIB, dan sore hari pukul 16:15 – 19:15 WIB. 

Diketahui, dengan adanya pembatasan layanan yang telah diberlakukan sejak Sabtu (3/7/2021) kemarin, justru malah membuat  penumpukan bahkan kerumunan calon pengguna KRL di Stasiun Rangkasbitung.

Pantauan di lokasi, kerumunan  terjadi pada Minggu (4/7/2021) pagi. Tampak puluhan warga saling  berebutan untuk bisa mendapatkan kursi pada gerbong KRL yang telah dibatasi kuotanya pada setiap perjalan KRL.

"Saya tau bahwa kouta pengguna KRL dibatasi setiap keberangkatannya, makanya dari pagi sudah mengantri agar bisa pergi ke Jakarta pakai KRL," kata Tubagus Jalaludin salah satu calon penumpang kepada Poskota.Co.Id

Jalaludin kecewa, pasalnya dengan adanya pembatasan jam operasional dan kouta penumpang itu malah menciptakan kerumunan-kerumunan baru. Dirinya juga terpaksa mengurungkan niatnya untuk pergi ke Jakarta karena hal tersebut.

"Ini malah bikin kerumunan, percuma jadinya," katanya.

Hal serupa dirasakan oleh Iwan, warga Rangkasbitung. Pengrajin dompet itu mengaku pasrah dengan kebijakan baru tersebut. Pasalnya, dengan kebijakan tersebut, dirinya tidak bisa pergi ke Jakarta untuk membeli bahan baku produksi dompet miliknya.

"Ya mau nggak mau, stop produksi dulu. Memang seharusnya kebijakannya bukan membatasi jam operasional yang malah menciptakan kerumunan baru. Seharusnya penambahan jam operasional, tapi tetap dengan pengetatan protokol kesehatan. Dengan begitu bisa menghindari kerumunan di lingkungan stasiun atau dalam gerbong kereta," pungkasnya.

Untuk diketahui, PT KAI sendiri membatasi operasional KRL di Stasiun Rangkasbitung, Citeras dan Maja. Layanan KRL hanya ada pada pagi hari pukul 04:00 – 07:30 WIB, dan sore hari pukul 16:15 – 19:15 WIB. KAI juga membatasi jumlah atau kouta pengguna KRL yang dapat berada di dalam satu kereta pada satu waktu adalah 52 orang atau 32% dari kapasitas tiap keretanya atau berkurang dari yang sebelumnya 74 orang atau sekitar 40% dari kapasitas.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler