Jadi Ancaman Klaster Baru Covid-19, Tunda Pilkades Serentak! 

Jumat, 2 Juli 2021 20:19 WIB

Share
Anggota Tagana Banten sedang melakukan kegiatan penyemprotan di rumah-rumah ibadah. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID –  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak menjadi ancaman klaster baru penyebaran pandemi Covid-19. Padahal, pemerintah pusat akan melaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro darurat pada 3 hingga 20 Juli 2021. 

Sayangnya,  Tagana Banten menilai, ada yang luput dari perhatian pemerintah pusat, yaitu pelaksanaan Pilkades yang jumlahnya ribuan desa di Pulau Jawa dan Bali di awal dan pertengahan bulan Juli 2021 ini. 

"Di Banten sendiri ada tiga daerah yang akan menggelar Pilkades serentak di Juli ini," kata Wakil Ketua Tagana Banten Dadan Suryana kepada wartawan, Jumat (2/7/2021).

Menurut Dadan, Pilkades ini tidak masuk menjadi salah satu Poin yang disebutkan dalam aturan PPKM darurat. Sehingga Tagana meminta agar Pemda dalam waktu singkat ini segera membuat keputusan untuk menunda pelaksanaan Pilkades.


Desakan penundaan Pilkades, lanjut Dadan, dalam rangka menyelamatkan kesehatan masyarakat yang kian hari terancam dengan virus corona. Dalam kasus harian tanggal 1 Juli 2021, tercatat ada penambahan 3.389. Angka itu rekor sepanjang pandemi.

"Ini demi menyelamatkan nyawa manusia, ini urusan kemanusiaan. Jangan sampai proses demokrasi di tingkat desa mengesampingkan ikhtiar kita yang sedang perang total melawan Covid 19 ini," jelasnya.

Atas kondisi itu, Tagana Banten mendesak pemerintah daerah menghentikan sementara tahapan Pilkades serentak. Pelaksanaan itu diyakini dapat meningkatkan mobilitas warga. 

"Stop Pilkades. Dalam kampanye, calon untuk meraup kemenangan harus memobilisasi massa. Sehingga jika tidak ditunda, tidak akan efektif dalam menekan kasus Covid-19, " tambahnya.

Seperti diketahui, ada empat daerah di Provinsi Banten yang akan menggelar Pilkades serentak. Dari empat daerah, ada tiga daerah yang akan menggelar Pilkades di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro darurat pada 3 hingga 20 Juli 202, yakni Kabupaten Serang pada 11 Juli 2021, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Tangerang pada 18 Juli 2021.

Sementara untuk pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Lebak, akan dilakukan secara serentak pada 26 September 2021 mendatang. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler