BPBD Banten Bentuk Desa Tangguh Siaga Bencana, Simak Lokasi dan Fungsinya

Senin, 28 Juni 2021 10:52 WIB

Share
Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana. (foto: Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten membentuk desa/kelurahan Tangguh Siaga Bencana di setiap daerah.

 

Pembentukan itu dilakukan dalam upaya kesiapsiagaan masyarakat dalam melakukan evakuasi dini ketika terjadi bencana alam.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan, di daerah-daerah yang terindentifikasi rawan terjadinya bencana, program itu sudah dibentuk, meski belum menyeluruh.

"Terutama di Kabupaten Lebak dan Pandeglang yang teridentifikasi rawan akan bencana banjir, longsor dan gelombang tinggi," katanya, saat dihubungi.

Nana menambahkan, saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi dalam upaya membentuk desa Tangguh Siaga Bencana tersebut.

"Mengingat sekarang masih dalam Pandemi Covid-19, sehingga kami mengurangi sedikit mobilitas ke lapangan," ujarnya.

Akan tetapi, pihaknya sudah menyiagakan sejumlah personel di beberapa daerah yang memantau setiap kondisi di lapangan.

"Dengan adanya desa Tangguh Siaga Bencana ini, diharapkan mereka bisa melakukan evakuasi dini sampai di lokasi tempat pengungsian sementara," ucapnya.

Masyarakat yang sudah dilatih dengan pembekalan kesiapsiagaan ini, tambah Nana, sudah dibekali pula bagaimana melakukan evakuasi dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler