Viral Ambulance Menumpuk di IGD, Ini Kata RSUD Kabupaten Tangerang

Sabtu, 19 Juni 2021 13:58 WIB

Share
Tangkapan layar penumpukan ambulance. (ist)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID-- Viral ambulance antre di loby Instalasi Gawat Darurat (IGD), membuat pihak RSUD Kabupaten Pandeglang memberikan penjelasan. 

Sebelumnya, Viral di media sosial 5 sampai 6 ambulance yang membawa pasien Covid-19 menumpuk di lobby utama rumah sakit.

Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani membenarkan adanya penumpukan tersebut. 

"Video itu memang ada benarnya jadi kalau itu malam Kamis kemarin. Tepatnya jam 20:40. Jadi ada 3 ambulan rujukan puskesmas yang merujuk ke kita," ujarnya saat di konfirmasi Sabtu (19/6/2021). 

Kata Hilwani, adanya penumpukan tersebut terjadi akibat terdapat banyak pasien di ruang IGD rumah sakit tersebut. 

"Kenapa ramai, karena di dalam ada 23 pasien sehingga mobil ambulance tersebut masih ada di dalam RS (lobby IGD)," sebutnya. 

Dengan begitu Hilwani mengaku pihak rumah sakit tidak dapat memindahkan pasien rujukan dari berbagai wilayah untuk mendapat penanganan lebih cepat. 

"Pasien yang ada di mobil ambulance itu belum bisa dipindahkan ke dalam jadi mobil ambulance itu masih nunggu di drop out IGD Covid," kata dia. 

Lebih jauh Hilwani mengatakan ambulance yang datang memenuhi ruang IGD tersebut harus menunggu pasien lainnya dipindahkan terlebih dahulu. Apalagi saat ini kondisi IGD sudah over capacity.

"Persis karena ambulance datang memenuhi. Tapi pasien kita masih ada di IGD 23 orang. Sementara kapasitas IGD ada 20 otomatis stagnasi itu terjadi, dan kita tidak bisa menerima rujukan dari RS lain lagi jadi rujukan kita batasi," tukasnya. (Muhammad Iqbal)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler